syukur kepadamu Tuhan

Loading...

Wednesday, 15 December 2010

VESPA

Vespa

From Wikipedia, the free encyclopedia Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas
Jump to: navigation , search Langsung ke: navigasi , cari
Vespa Vespa
Type Jenis Subsidiary Anak Perusahaan
Industry Industri Scooter Skuter
Founded Didirikan 23 April 1946 in Florence 23 April 1946 di Florence
Headquarters Markas besar Pontedera , Italy Pontedera , Italia
Parent Induk Piaggio & Co. SpA Piaggio & Co SpA
Website Website vespa.com vespa.com
Classic Vespas in Perth, Western Australia Klasik Vespas di Perth, Australia Barat
Vespa.ogg
Classic Vespa sound Vespa klasik suara
Vespa is an Italian brand of scooter manufactured by Piaggio . Vespa adalah merek Italia skuter yang diproduksi oleh Piaggio .
The Vespa has evolved from a single model motor scooter manufactured in 1946 by Piaggio & Co. SpA of Pontedera , Italy—to a full line of scooters and one of seven companies today owned by Piaggio—now Europe's largest manufacturer of two-wheeled vehicles and the world's fourth largest motorcycle manufacturer by unit sales. [ 1 ] Vespa telah berkembang dari sebuah motor skuter model tunggal diproduksi pada tahun 1946 oleh Piaggio & Co SpA dari Pontedera , Italia-untuk garis penuh skuter dan salah satu dari tujuh perusahaan saat ini dimiliki oleh-sekarang produsen terbesar di Eropa Piaggio dari kendaraan roda dua dan di dunia produsen motor terbesar keempat oleh penjualan unit. [1]
From their inception, Vespa scooters have been known for their painted, pressed steel unibody which combines a complete cowling for the engine (enclosing the engine mechanism and concealing dirt or grease), a flat floorboard (providing foot protection), and a prominent front fairing (providing wind protection) into a structural unit. Dari awal mereka, skuter Vespa telah dikenal selama dicat unibody mereka, baja tekan yang mengkombinasikan penutup mesin dr baja lengkap untuk mesin (melampirkan mekanisme mesin dan menyembunyikan kotoran atau gemuk), sebuah papan lantai datar (memberikan perlindungan kaki), dan front fairing terkemuka (perlindungan angin memberikan) ke dalam unit struktural.
The Vespa was the first globally successful scooter. Vespa adalah scooter global pertama yang berhasil.

Contents Isi

[hide]

[ edit ] History [ sunting ] Sejarah

Vespa 150 TAP , modified by the French military, that incorporated an anti tank weapon Vespa 150 TAP , dimodifikasi oleh militer Perancis, yang menggabungkan sebuah tangki senjata anti
Post World War II Italy, in light of its agreement to cessation of war activities with the Allies, had its aircraft industry severely restricted in both capability and capacity. Pasca Perang Dunia II Italia, dalam terang perjanjian untuk penghentian kegiatan perang dengan Sekutu, memiliki industri pesawat terbang sangat dibatasi di kedua kemampuan dan kapasitas.
Piaggio emerged from the conflict with its Pontedera fighter plane plant demolished by bombing. Piaggio muncul dari konflik dengan pabrik pesawat tempur Pontedera yang dihancurkan oleh bom. Italy's crippled economy and the disastrous state of the roads did not assist in the re-development of the automobile markets. Enrico Piaggio , the son of Piaggio's founder Rinaldo Piaggio, decided to leave the aeronautical field in order to address Italy's urgent need for a modern and affordable mode of transportation for the masses. Teman-lumpuh ekonomi Italia dan negara bencana jalan tidak ikut membantu dalam pengembangan kembali pasar mobil. Enrico Piaggio , anak Piaggio pendiri Rinaldo Piaggio, memutuskan untuk meninggalkan bidang penerbangan dalam rangka untuk mengatasi mendesak kebutuhan's Italia modern dan terjangkau moda transportasi massa.

[ edit ] Concept [ sunting ] Konsep

The inspiration for the design of the Vespa dates back to Pre-WWII Cushman scooters made in Nebraska , USA. Inspirasi untuk desain Vespa tanggal kembali ke Pre-WWII Cushman scooters dibuat di Nebraska , Amerika Serikat. These olive green scooters were in Italy in large numbers, ordered originally by Washington as field transport for the Paratroops and Marines . Skuter ini hijau zaitun di Italia dalam jumlah besar, memerintahkan awalnya oleh Washington sebagai transportasi lapangan untuk pasukan para dan Marinir . The US military had used them to get around Nazi defense tactics of destroying roads and bridges in the Dolomites (a section of the Alps ) and the Austrian border areas. Militer AS telah menggunakan mereka untuk berkeliling Nazi taktik pertahanan menghancurkan jalan dan jembatan di Dolomites (bagian dari Pegunungan Alpen ) dan daerah perbatasan Austria.

[ edit ] Design [ sunting ] Desain

Piaggio MP5 "Paperino", the initial Piaggio prototype Piaggio MP5 "Paperino", prototipe awal Piaggio
In 1944, Piaggio engineers Renzo Spolti and Vittorio Casini designed a motorcycle with bodywork fully enclosing the drivetrain and forming a tall splash guard at the front. Pada tahun 1944, insinyur Piaggio Renzo Spolti dan Vittorio Casini dirancang sebuah sepeda motor dengan melampirkan drivetrain bodywork penuh dan membentuk penjaga splash tinggi di bagian depan. In addition to the bodywork, the design included handlebar-mounted controls, forced air cooling, wheels of small diameter, and a tall central section that had to be straddled. Selain badan mesin, desain termasuk stang-mount kontrol, pendinginan udara paksa, roda diameter kecil, dan bagian tengah tinggi yang harus duduk. Officially known as the MP5 ("Moto Piaggio no. 5"), the prototype was nicknamed "Paperino". [ 2 ] Resmi dikenal sebagai MP5 ("Moto Piaggio nomor 5."), Prototipe dijuluki "Paperino". [2]
Enrico Piaggio was displeased with the MP5, especially the tall central section. Enrico Piaggio tidak senang dengan MP5, terutama bagian tengah tinggi. He contracted aeronautical engineer Corradino D'Ascanio , to redesign the scooter. [ 2 ] D'Ascanio, who had earlier been consulted by Ferdinando Innocenti about scooter design and manufacture, made it immediately known that he hated motorcycles, believing them to be bulky, dirty, and unreliable. [ 3 ] Dia dikontrak insinyur penerbangan Corradino D'Ascanio , untuk mendesain ulang skuter. [2] D'Ascanio, yang sebelumnya telah berkonsultasi oleh Ferdinando Innocenti tentang desain skuter dan pembuatan, membuatnya segera diketahui bahwa ia membenci sepeda motor, percaya mereka menjadi besar, kotor, dan tidak bisa diandalkan. [3]
D'Ascanio's MP6 prototype had its engine mounted beside the rear wheel. D'Ascanio's prototipe MP6 memiliki mesin dipasang di samping roda belakang. The wheel was driven directly from the transmission, eliminating the drive chain and the oil and dirt associated with it. Roda didorong langsung dari transmisi, menghilangkan rantai drive dan minyak dan kotoran yang terkait dengannya. The prototype had a unit spar frame with stress-bearing steel outer panels. [ 3 ] These changes allowed the MP6 to have a step-through design without a centre section like that of the MP5 Paperino. Prototipe ini memiliki unit dengan bingkai perdebatan-bantalan baja stres panel luar. [3] Perubahan ini memungkinkan MP6 memiliki langkah-melalui desain tanpa bagian tengah seperti itu dari Paperino MP5. The MP6 design also included a single sided front suspension, interchangeable front and rear wheels mounted on stub axles, and a spare wheel. Desain MP6 juga termasuk suspensi depan satu sisi, depan dipertukarkan dan roda belakang terpasang pada as rintisan, dan roda cadangan. Other features of the MP6 were similar to those on the Paperino, including the handlebar-mounted controls and the enclosed bodywork with the tall front splash guard. [ 2 ] Fitur lain dari MP6 itu mirip dengan yang di Paperino, termasuk stang-mount pengendalian dan bodywork tertutup dengan percikan depan penjaga tinggi. [2]
Upon seeing the MP6 for the first time Enrico Piaggio exclaimed: "Sembra una vespa!" Setelah melihat MP6 untuk pertama kalinya Enrico Piaggio berseru: "! Sembra una vespa" ("It resembles a wasp!") Piaggio effectively named his new scooter on the spot. [ 3 ] [ 4 ] Vespa is both Latin and Italian for wasp —derived from the vehicle's body shape: the thicker rear part connected to the front part by a narrow waist, and the steering rod resembled antennae . ("Ia menyerupai tawon!") Piaggio efektif bernama skuter barunya di tempat. [3] [4] Vespa adalah baik Latin dan Italia untuk tawon -berasal dari teman bentuk tubuh kendaraan: bagian belakang lebih tebal terhubung ke bagian depan oleh pinggang yang sempit, dan batang kemudi menyerupai antena . The name also refers to the high-pitched noise of the two-stroke engine. [ citation needed ] Nama ini juga mengacu pada suara bernada tinggi dari mesin dua-stroke. [ rujukan? ]

[ edit ] Product [ sunting ] Produk

Glove box on newer Vespa PX Sarung kotak pada Vespa PX yang lebih baru
On 23 April 1946, at 12 o'clock in the central office for inventions, models and makes of the Ministry of Industry and Commerce in Florence , Piaggio e CSpA took out a patent for a "motorcycle of a rational complexity of organs and elements combined with a frame with mudguards and a casing covering the whole mechanical part". [ 5 ] Pada tanggal 23 April 1946, jam 00:00 di kantor pusat untuk penemuan, dan membuat model dari Departemen Perindustrian dan Perdagangan di Florence , Piaggio e CSpA mengambil paten untuk sebuah sepeda motor "dari kompleksitas rasional organ dan elemen gabungan dengan bingkai dengan mudguards dan casing yang menutupi seluruh bagian mekanis ". [5]
The basic patented design allowed a series of features to be deployed on the spar-frame which would later allow quick development of new models. Desain dipatenkan dasar diperbolehkan serangkaian fitur yang akan digunakan pada frame-perdebatan yang nantinya akan memungkinkan pembangunan cepat model baru. The original Vespa featured a rear pillion seat for a passenger, or optionally a storage compartment. Vespa asli menampilkan belakang boncengan sepeda motor kursi untuk penumpang, atau opsional kompartemen penyimpanan. The original front protection "shield" was a flat piece of aero metal; later this developed in to a twin skin to allow additional storage behind the front shield, similar to the glove compartment in a car. Perlindungan depan asli "perisai" adalah sepotong logam datar aero; kemudian ini dikembangkan untuk kulit kembar untuk memungkinkan penyimpanan tambahan di belakang perisai depan, mirip dengan kompartemen di dalam mobil. The fuel cap was located underneath the (hinged) seat, which saved the cost of an additional lock on the fuel cap or need for additional metal work on the smooth skin. Tutup bahan bakar itu terletak di bawah kursi (berengsel), yang menyelamatkan biaya sebuah kunci tambahan pada tutup bahan bakar atau kebutuhan untuk pekerjaan logam tambahan pada kulit halus.
The scooter had rigid rear suspension and small 8-inch (200 mm) wheels that allowed a compact design and plenty of room for the rider's legs. skuter itu suspensi belakang kaku dan kecil 8-inch (200 mm) roda yang memungkinkan desain yang kompak dan banyak ruang untuk kaki pengendara. The Vespa's enclosed, horizontally-mounted two-stroke 98 cc engine acted directly on the rear drive wheel through a three-speed transmission. The Vespa tertutup, horizontal-mount dua-stroke 98 cc bertindak langsung pada roda belakang melalui transmisi tiga kecepatan. The twistgrip-controlled gear change involved a system of rods. Perubahan gigi twistgrip-dikendalikan melibatkan sistem batang. The early engine had no cooling, but fan blades were soon attached to the flywheel (otherwise known as the magneto, which houses the points and generates electricity for the bike and for the engine's spark) to push air over the cylinder's cooling fins. Mesin awal telah pendinginan, tapi baling-baling segera melekat pada roda gila (atau dikenal sebagai dinamo, yang merupakan tempat poin dan menghasilkan listrik untuk motor dan untuk mesin percikan) untuk mendorong udara di atas sirip pendingin silinder. The modern Vespa engine is still cooled this way. Mesin Vespa modern masih didinginkan dengan cara ini. The mixture of two-stroke oil in the fuel produced high amounts of smoke, and the engine made a high buzzing sound like a wasp . [ citation needed ] Campuran-stroke dua dalam bahan bakar minyak yang dihasilkan jumlah tinggi asap, dan mesin membuat suara mendengung tinggi seperti tawon . [ rujukan? ]
The MP6 prototype had large grilles on the front and rear of the rear fender covering the engine. Prototipe MP6 memiliki kisi besar di depan dan belakang spatbor belakang meliputi mesin. This was done to allow air in to cool the engine, as the prototype did not have fan cooling. Hal ini dilakukan untuk memungkinkan udara untuk mendinginkan mesin, sebagai prototipe tidak memiliki kipas pendingin. A cooling fan similar to that used on the MP5 "Paperino" prototype was included in the design of the production Vespa, and the grilles were removed from the fender. [ 2 ] Sebuah kipas pendingin serupa dengan yang digunakan pada "Paperino" MP5 prototipe dimasukkan dalam desain produksi Vespa, dan kisi-kisi telah dihapus dari fender. [2]

[ edit ] Launch [ sunting ] Peluncuran

Piaggio filed a patent for the Vespa scooter design in April 1946. Piaggio mengajukan paten untuk desain skuter Vespa pada bulan April 1946. The application documents referred to a "model of a practical nature" for a "motorcycle with rationally placed parts and elements with a frame combining with mudguards and engine-cowling covering all working parts", of which "the whole constitutes a rational, comfortable motorcycle offering protection from mud and dust without jeopardizing requirements of appearance and elegance". Dokumen aplikasi yang dimaksud "model yang bersifat praktis" untuk "sepeda motor dengan bagian-bagian rasional ditempatkan dan elemen dengan bingkai menggabungkan dengan mudguards dan mesin-penutup mesin dr baja yang mencakup semua bagian kerja", yang "keseluruhan merupakan sepeda motor, rasional nyaman menawarkan perlindungan dari lumpur dan debu tanpa membahayakan persyaratan penampilan dan elegan ". The patent was approved the following December. paten tersebut telah disetujui Desember berikut.
The first 13 examples appeared in spring 1946, and reveal their aeronautical background. Ke-13 contoh pertama muncul pada musim semi 1946, dan mengungkapkan latar belakang penerbangan mereka. In the first examples, one can recognize the typical aircraft technology. Dalam contoh pertama, seseorang dapat mengenali teknologi pesawat khas. Attention to aerodynamics is evident in all the design, in particular on the tail. Perhatian untuk aerodinamika adalah jelas dalam semua desain, khususnya di ekor. It was also one of the first vehicles to use monocoque construction (where the body is an integral part of the chassis). Itu juga salah satu kendaraan pertama yang menggunakan konstruksi monocoque (dimana tubuh adalah bagian integral dari sasis).
The company was aiming to manufacture the new Vespa in large numbers, and their longstanding industrial experience led to an efficient Ford-style volume production line. Perusahaan ini bertujuan untuk memproduksi Vespa baru dalam jumlah besar, dan pengalaman lama industri mereka menyebabkan efisien Ford-style jalur produksi volume. The scooter was presented to the press at Rome Golf Club, where journalists were apparently mystified by the strange, pastel coloured, toy-like object on display. skuter itu disampaikan kepada pers di Roma Golf Club, di mana wartawan itu tampaknya bingung oleh pastel, aneh berwarna, objek mainan seperti pada layar. But the road tests were encouraging, and even with no rear suspension the machine was more manoeuvrable and comfortable to ride than a traditional motorcycle. Tapi tes jalan adalah mendorong, dan bahkan tanpa suspensi belakang mesin lebih dpt dikemudikan dan nyaman untuk naik dari sepeda motor tradisional.
Following its public debut at the 1946 Milan Fair, the first fifty sold slowly—then with the introduction of payment by installments, sales took off. Setelah debut publik di Milan Fair 1946, lima puluh pertama dijual perlahan-kemudian dengan diperkenalkannya pembayaran dengan angsuran, penjualan berangkat.

[ edit ] Sales and development [ sunting ] Penjualan dan pengembangan

Original Vespa attached to a sidecar Original Vespa melekat pada sebuah sespan
Piaggio sold some 2,500 Vespas in 1947, over 10,000 in 1948, 20,000 in 1949, and over 60,000 in 1950. [ 6 ] Piaggio menjual sebagian 2.500 Vespas pada tahun 1947, lebih dari 10.000 pada tahun 1948, 20.000 pada tahun 1949, dan lebih dari 60.000 pada tahun 1950. [6]
The biggest sales promo ever was Hollywood. Promo penjualan terbesar pernah ada Hollywood. In 1952, Audrey Hepburn side-saddled Gregory Peck 's Vespa in the feature film Roman Holiday for a ride through Rome, resulting in over 100,000 sales. Pada tahun 1952, Audrey Hepburn samping dibebani Gregory Peck 's Vespa dalam film Roman Holiday untuk naik melalui Roma, yang mengakibatkan lebih dari 100.000 penjualan. In 1956, John Wayne dismounted his horse in favor of the two-wheeler to originally get between takes on sets. [ 7 ] By the end of the fifties, Lucia Bosé and her husband, the matador Luis Miguel Dominguín , [ 8 ] as well as Marlon Brando , Dean Martin , and the entertainer Abbe Lane had become Vespa owners. William Wyler filmed Ben Hur in Rome in 1959, allowing Charlton Heston to abandon horse and chariot between takes to take a spin on the Vespa. [ 9 ] [ 10 ] Pada tahun 1956, John Wayne turun kudanya berpihak pada roda dua untuk awalnya mendapatkan antara mengambil set. [7] Pada akhir tahun lima puluhan, Lucia Bosé dan suaminya, matador Luis Miguel Dominguín , [8] juga seperti Marlon Brando , Dean Martin , dan entertainer Abbe Lane telah menjadi pemilik Vespa. William Wyler film Ben Hur di Roma pada tahun 1959, memungkinkan Charlton Heston untuk meninggalkan kuda dan kereta antara diperlukan untuk mengambil spin di Vespa. [9] [10 ]
Vespa clubs popped up throughout Europe, and by 1952, worldwide Vespa Club membership had surpassed 50,000. klub Vespa muncul di seluruh Eropa, dan dengan 1952, di seluruh dunia Vespa keanggotaan Club telah melampaui 50.000. By the mid-1950s, Vespas were being manufactured under licence in Germany, the United Kingdom, France, Belgium and Spain; in the 1960s, production was started in India , Brazil and Indonesia . Pada pertengahan tahun 1950, Vespas sedang diproduksi di bawah lisensi di Jerman, Inggris, Perancis, Belgia dan Spanyol, pada tahun 1960, produksi dimulai di India , Brasil dan Indonesia . By 1956, one million had been sold, then two million by 1960. Pada 1956, satu juta telah dijual, maka dua juta pada tahun 1960. By the 1960s, the Vespa—originally conceived as a utility vehicle—had come to symbolize freedom and imagination, and resulted in further sales boosts: four million by 1970, and ten million by the late 1980s. Pada tahun 1960, Vespa-awalnya dipahami sebagai kendaraan utilitas datang untuk melambangkan kebebasan dan imajinasi, dan mengakibatkan meningkatkan penjualan lebih lanjut: empat juta pada 1970, dan sepuluh juta pada akhir 1980-an. Between 1957 and 1961 a reverse-engineered and partially redesigned version of the Vespa was made in USSR under the name Vjatka -VP150. [ 11 ] Antara 1957 dan 1961 sebuah-rekayasa dan sebagian didesain ulang versi kebalikan dari Vespa dibuat di Uni Soviet dengan nama Vjatka -VP150. [11]
Improvements were made to the original design and new models were introduced. Perbaikan dilakukan untuk desain asli dan model baru diperkenalkan. The 1948 Vespa 125 had rear suspension and a bigger engine. 1948 Vespa 125 memiliki suspensi belakang dan mesin yang lebih besar. The headlamp was moved up to the handlebars in 1953, and had more engine power and a restyled rear fairing. headlamp itu pindah ke setang pada tahun 1953, dan memiliki kekuatan mesin yang lebih dan fairing belakang dibenahi. A cheaper spartan version was also available. Sebuah versi spartan murah juga tersedia. One of the best-loved models was the Vespa 150 GS introduced in 1955 with a 150 cc engine, a long saddle, and the faired handlebar-headlamp unit. Salah satu model yang paling dicintai adalah Vespa GS 150 diperkenalkan pada tahun 1955 dengan mesin 150 cc, pelana panjang, dan unit stang-headlamp faired. Then came the 50 cc of 1963, and in 1968 Vespa 125 Primavera became one of the most durable of all. Lalu datanglah cc 50 tahun 1963, dan pada tahun 1968 Vespa 125 Primavera menjadi salah satu yang paling tahan lama dari semua.
T5 Millennium from the PX series T5 Millennium dari seri PX
Vespas came in two sizes, referred to as "largeframe" and "smallframe". Vespas datang dalam dua ukuran, yang disebut sebagai "largeframe" dan "smallframe". The smallframe scooters came in 50 cc, 90 cc, 100 cc, and 125 cc versions, all using an engine derived from the 50 cc model of 1963, and the largeframe scooters in 125 cc, 150 cc, 160 cc, 180 cc, and 200 cc displacements using engines derived from the redesigned 125 cc engine from the late 1950s. Skuter smallframe datang di 50 cc, 90 cc, 100 cc, dan 125 cc versi, semua menggunakan mesin diturunkan dari model 50 cc tahun 1963, dan skuter largeframe di 125 cc, 150 cc, 160 cc, 180 cc, dan perpindahan 200 cc menggunakan mesin yang berasal dari mesin 125 cc didesain ulang dari akhir 1950-an.
The largeframe Vespa evolved into the PX range in the late 1970s and was produced in 125 and 150 cc versions until July 2007. The largeframe Vespa berevolusi menjadi kisaran PX di akhir 1970-an dan diproduksi di 125 dan 150 versi cc sampai Juli 2007. The smallframe evolved into the PK range in the early 1980s, although some vintage-styled smallframes were produced for the Japanese market as late as the mid 1990s. The smallframe berevolusi menjadi kisaran PK pada awal tahun 1980, meskipun beberapa smallframes vintage-bergaya diproduksi untuk pasar Jepang hingga akhir tahun 1990-an pertengahan.

[ edit ] 1990s and beyond [ sunting ] 1990 dan seterusnya

The ET model range stuck true to the wasp/aero design principles. Rentang model ET menempel benar dengan / prinsip aero tawon desain. It was lighter, more aerodynamic, had an automatic gearbox and could take a series of engines from a 50 cc in either two-stroke or four-stroke , up to a 150 cc four stroke. [ 12 ] Itu adalah ringan, lebih aerodinamis, memiliki gearbox otomatis dan bisa mengambil serangkaian mesin dari 50 cc baik dalam dua-stroke atau empat-stroke , hingga stroke cc empat 150. [12]
When Vespa celebrated its 50th anniversary in 1996, more than 15 million of the scooters had been sold worldwide. [ citation needed ] Other companies vied with Piaggio for market share, but none came close to emulating the success—or romance—of Vespa. Ketika Vespa merayakan ulang tahun ke-50 pada tahun 1996, lebih dari 15 juta dari skuter telah dijual di seluruh dunia. [ rujukan? ] Perusahaan lain bersaing dengan Piaggio untuk pangsa pasar, tapi tidak datang dekat dengan meniru keberhasilan-atau romance-of Vespa.

[ edit ] Under new ownership [ sunting ] Di bawah kepemilikan baru

In 2003, the company found itself close to bankruptcy. Pada tahun 2003, perusahaan menemukan dirinya dekat dengan kebangkrutan. Continual management changes and millions spent on many different plans and products had saddled Piaggio with crushing debt and left it vulnerable to competition from cheaper Asian rivals. manajemen perubahan terus menerus dan jutaan dihabiskan untuk berbagai rencana dan produk membebani Piaggio dengan menghancurkan hutang dan meninggalkannya rentan terhadap persaingan dari saingan Asia lebih murah.
In 1959 Piaggio came under the control of the Agnelli family, the owners of car maker Fiat SpA . Pada tahun 1959 Piaggio berada di bawah kendali keluarga Agnelli, pemilik pembuat mobil Fiat SpA . Vespa thrived until 1992 when Giovanni Alberto Agnelli became CEO, but Agnelli was already suffering from cancer and died in 1997. Vespa berkembang sampai dengan tahun 1992 ketika Giovanni Alberto Agnelli menjadi CEO, tapi Agnelli sudah menderita kanker dan meninggal pada tahun 1997. In 1999 Morgan Grenfell Private Equity acquired Piaggio, but a quickly hoped-for sale was dashed by a failed joint venture in China. Pada tahun 1999 Morgan Grenfell Private Equity diperoleh Piaggio, tapi dengan cepat diharapkan-untuk dijual putus-putus oleh perusahaan patungan gagal di Cina.
Then came Roberto Colaninno: A lot of people told me I was crazy. Lalu datanglah Roberto Colaninno: Banyak orang bilang aku gila. Piaggio wasn't dying. Piaggio tidak sekarat. It just needed to be treated better. Piaggio's finances were in a bad shape, but its brand was still well-known and its products were featuring in more Hollywood films thanks to the Vespa ET4. Itu hanya perlu diperlakukan dengan lebih baik, Piaggio. Keuangan berada di buruk suatu bentuk tetapi mereknya masih dikenal dan menampilkan produknya di lebih berkat film-film Hollywood ke Vespa ET4. In October 2003 Colaninno made an initial investment of 100 million euros through his holding company Immsi SpA in exchange for just under a third of Piaggio and the mandate to run it. Pada bulan Oktober 2003 Colaninno melakukan investasi awal 100 juta euro melalui perusahaan induk Immsi nya SpA dalam pertukaran untuk hampir sepertiga dari Piaggio dan mandat untuk menjalankannya. Chief executive Rocco Sabelli redesigned the factory to Japanese principles so that every Piaggio scooter could be made on any assembly line. Chief executive Rocco Sabelli didesain ulang pabrik untuk prinsip-prinsip Jepang sehingga setiap skuter Piaggio dapat dibuat pada setiap jalur perakitan.
Colaninno laid down some rules and made quick changes; all bonuses for blue-collar workers and management were based on the same criteria: profit margins and customer satisfaction. Colaninno meletakkan beberapa aturan dan membuat perubahan cepat, semua bonus untuk pekerja kerah biru dan manajemen didasarkan pada kriteria yang sama: margin keuntungan dan kepuasan pelanggan. He didn't fire a single worker—a move which helped seduce the company's skeptical unions. Dia tidak api tunggal pekerja-langkah yang membantu merayu serikat skeptis perusahaan. Air conditioning was installed in the factory and he gave the company's engineers, who had been idled by the company's financial crisis, deadlines for projects. Penyejuk udara dipasang di pabrik dan dia memberi insinyur perusahaan, yang telah malas oleh krisis keuangan perusahaan, tenggat waktu untuk proyek-proyek. They rolled out two world firsts in 2004: a gas-electric hybrid scooter and a scooter with two wheels in front and one in back which grips the road better. Mereka berguling dua pengalaman pertama dunia pada tahun 2004: skuter hibrida bensin-listrik dan sebuah skuter dengan dua roda di depan dan satu di belakang yang mengatasi jalan yang lebih baik.
One of Piaggio's problems Mr. Colaninno couldn't fix from the inside was its scale. Salah satu masalah Piaggio Mr Colaninno tidak bisa memperbaiki dari dalam itu skala. Even though Piaggio was the European market leader, it was dwarfed by rivals Honda and Yamaha . Meskipun Piaggio adalah pemimpin pasar Eropa, hal itu dikerdilkan oleh saingan Honda dan Yamaha . A year after rescuing Piaggio, Colaninno decided to salvage another Italian brand: scooter and motorcycle maker Aprilia . Setahun setelah menyelamatkan Piaggio, Colaninno memutuskan untuk menyelamatkan merek lain Italia: skuter dan sepeda motor pembuat Aprilia . On July 11, 2006, shares of Piaggio & Co., became available to the general public through listing on the Milan [Italy] Stock Exchange or Borsa Italiana . Pada tanggal 11 Juli 2006, saham Piaggio & Co, menjadi tersedia untuk masyarakat umum melalui daftar di Milan [Italia] Bursa Efek atau Borsa Italiana . Piaggio share prices, converted to US Dollars, may be found under the trading symbol: PIAGF. Piaggio harga saham, dikonversi ke Dolar AS, dapat ditemukan dengan simbol perdagangan: PIAGF.

[ edit ] Re-entry to North America [ sunting ] Re-entry ke Amerika Utara

Piaggio first came back into the market in 2001 with the ET2 (two stroke 50 cc) and ET4 (four stroke 150 cc). Piaggio pertama kali datang kembali ke pasar pada tahun 2001 dengan ET2 (dua stroke 50 cc) dan ET4 (empat langkah 150 cc). In 2004, the PX (model year 2005) was re-introduced to North America to meet market demand for the classic Vespa design. Pada tahun 2004, PX (model tahun 2005) telah kembali diperkenalkan ke Amerika Utara untuk memenuhi permintaan pasar untuk desain Vespa klasik. Growth in the US market and worldwide environmental concerns meant a need for larger and cleaner engines, so Vespa developed the LEADER (Low Emissions ADvanced Engine Range) series of four-stroke engines. Pertumbuhan di pasar AS dan masalah lingkungan hidup di seluruh dunia berarti membutuhkan untuk mesin yang lebih besar dan bersih, sehingga Vespa mengembangkan PEMIMPIN (Rendah Emisi Advanced Engine Range) seri mesin empat-stroke. The larger Granturismo frame, with larger 12-inch (300 mm) wheels, was introduced to handle the additional power. Bingkai Granturismo yang lebih besar, dengan lebih besar 12-inci (300 mm) roda, diperkenalkan untuk menangani kekuatan tambahan. The bike in 2006 spawned the iconic GTS-250ie version, with an upgraded suspension and the new QUASAR (QUArter-liter Smooth Augmented Range) 250 cc fuel-injected engine, capable of 80+ mph. Sepeda tahun 2006 menelurkan versi GTS-250ie ikon, dengan upgrade suspensi dan QUASAR baru (seperempat liter Smooth Augmented Range) 250 mesin injeksi bahan bakar cc, mampu 80 + mph. In 2005, the ET was withdrawn from Europe and North America and replaced by a new small-frame scooter, the LX range. Pada tahun 2005, ET ditarik dari Eropa dan Amerika Utara dan diganti dengan skuter kecil-bingkai baru, kisaran LX. These were available in the USA in 50 cc and 150 cc versions, while Europeans could choose a 50 cc or 125 cc. Ini tersedia di Amerika Serikat pada 50 cc dan 150 cc versi, sementara orang Eropa bisa memilih 50 cc atau 125 cc.

[ edit ] Design icon [ sunting ] Ikon Desain

Modified Vespa as popular in the mods / skinhead culture. Modified Vespa sebagai populer di mods / skinhead budaya.
In recent years, many urban commuters have purchased new or restored Vespas. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak komuter perkotaan telah membeli baru atau dipulihkan Vespas. A shortage of available parking for automobiles in large urban areas and the Vespa's low running costs are two reasons for the increase in Vespa (and other scooter) popularity. Kurangnya parkir yang tersedia untuk mobil di daerah perkotaan besar dan biaya rendah Vespa menjalankan dua alasan bagi peningkatan Vespa (dan skuter lainnya) popularitas. The cultural use of the scooter as a recreational vehicle with a sub-cultural following in the USA/Canada and parts of Europe & Japan has also contributed to the rise in Vespa ownership. Penggunaan budaya skuter sebagai kendaraan rekreasi dengan berikut sub-budaya di Amerika Serikat / Kanada dan bagian Eropa & Jepang juga berkontribusi pada peningkatan kepemilikan Vespa. In contrast, the Vespa is considered a utilitarian vehicle for hauling products and sometimes up to 5 family members in much of Asia and Mexico Sebaliknya, Vespa dianggap sebagai kendaraan utilitarian untuk mengangkut produk dan kadang-kadang hingga 5 anggota keluarga di sebagian besar Asia dan Meksiko
There is a Piaggio Museum & Gift Shop adjacent to the plant in central Pontedera, near Pisa, Tuscany. Ada Museum Piaggio & Gift Shop berdekatan dengan pabrik di Pontedera pusat, dekat Pisa, Tuscany. The permanent exhibition includes those items which toured venues such as the Guggenheim in New York and the Centre Pompidou in Paris. Pameran tetap mencakup barang-barang yang mengunjungi tempat-tempat seperti Guggenheim di New York dan Centre Pompidou di Paris. Also on display is a model personally customised by Salvador Dalí in 1962. Juga pada layar adalah model pribadi disesuaikan dengan Salvador Dalí pada tahun 1962.
The 1959 Vespa N was also the styling inspiration for the Neco Italia. [ 13 ] The 1959 Vespa N juga merupakan inspirasi styling untuk Italia Neco. [13]

[ edit ] Global markets [ sunting ] Pasar Global

[ edit ] Europe [ sunting ] Eropa

Vespa's largest market by all measures globally is still Italy, but as a result of the mod subculture that developed in the 1960s, the United Kingdom is still Vespa's second largest global market—and at one point in the 1960s, its largest. terbesar pasar Vespa oleh semua tindakan global masih Italia, tetapi sebagai hasil dari mod subkultur yang berkembang di tahun 1960-an, Kerajaan Serikat masih Vespa terbesar kedua di titik global dan di satu pasar di tahun 1960, terbesar. The appeal of the Vespa to the style-conscious mods was the weather protection. Daya tarik dari Vespa dengan gaya-sadar mods adalah perlindungan cuaca. Their counterparts, the rockers rode classic British motorcycles such as Triumph Bonneville and BSAs , and needed to wear leathers against the elements. rekan-rekan mereka, para rocker naik sepeda motor klasik Inggris seperti Triumph Bonneville dan BSas , dan perlu memakai kulit terhadap elemen. Mods would modify their Vespas, adding lights, mascots, accessories, various racks and crash bars. Mods Vespas mereka akan memodifikasi, menambahkan lampu, maskot, aksesoris, berbagai rak dan bar kecelakaan. A new lifestyle evolved in the UK, with thousands attending scooter rallies . Sebuah gaya hidup baru berkembang di Inggris, dengan ribuan menghadiri rapat umum skuter .
The dominance of the Vespa declined through the 1970s, as small car ownership increased and cheap and reliable commuter bikes like the Honda Super Cub hit sales. Dominasi Vespa menurun sampai 1970-an, seperti kepemilikan mobil kecil meningkat dan dapat diandalkan komuter sepeda dan murah seperti Honda Super Cub memukul penjualan. Despite the introduction of the more modern 'P' range in the 1970s, the lack of development cost Vespa, and like other markets, the sales fell off drastically in the economic boom of the 1980s. Meskipun pengenalan kisaran lebih modern 'P' pada 1970-an, kurangnya biaya pembangunan Vespa, dan seperti pasar lain, penjualan jatuh drastis dalam boom ekonomi tahun 1980-an. Then Vespa introduced the trendy automatic ET2, London introduced the congestion charge and—partly with celebrity chef Jamie Oliver 's indirect help from his BBC2 series—sales suddenly leapt. [ 14 ] Kemudian Vespa memperkenalkan ET2 otomatis trendi, London memperkenalkan biaya kemacetan dan-sebagian dengan koki selebriti Jamie Oliver 's bantuan tidak langsung dari Nya BBC2 -penjualan seri tiba-tiba melompat. [14]

[ edit ] North America [ sunting ] Amerika Utara

A Vespa Boutique in San Francisco Sebuah Butik Vespa di San Francisco
Much as Vespa had used the Cushman Army scooter as inspiration for its original design, Vespa in turn made scooters for Sears and Cushman after World War II . [ 15 ] Sebanyak Vespa telah menggunakan Angkatan Darat skuter Cushman sebagai inspirasi untuk desain aslinya, Vespa pada gilirannya membuat skuter untuk Sears dan Cushman setelah Perang Dunia II . [15]
Imported by Morton Colby of Colby General Tire Company, 662 E. Fordham Road, Bronx, New York, the Sears models were 3- and 4-speed 125 cc Vespas rebadged as Sears Allstate Cruiseaires . Diimpor oleh Morton Colby dari Colby Umum Perusahaan Ban, 662 E. Fordham Road, Bronx, New York, model Sears adalah 3 - dan 4-speed 125 cc Vespas rebadged sebagai Sears Allstate Cruiseaires . Innocenti also distributed their Lambretta brand via Montgomery Ward's catalogue during this post-WWII period. Innocenti juga membagikan mereka Lambretta brand melalui katalog Montgomery Ward selama periode pasca-Perang Dunia II. These were the premier brands of scooters, bringing premium pricing to many, including farmers, whose link to the outside world was via purchases made in these catalogues. Ini adalah merek utama dari skuter, membawa harga premium ke banyak, termasuk petani, yang link ke dunia luar melalui pembelian yang dilakukan dalam katalog ini. Cushman sold rebadged Vespa scooters as Cushmans, but many Cushman dealers refused to market a "foreign" machine. Cushman dijual rebadged skuter Vespa sebagai Cushmans, tapi banyak dealer Cushman menolak untuk pasar "asing" mesin. However, collectors prize the Cushman Vespa because it is relatively rare. Namun, kolektor hadiah Vespa Cushman karena relatif jarang.
Bankruptcy of Vespa's American importer due to two expensive product-liability lawsuits, increased competition from Japanese manufacturers, and certain states' passing so-called "green laws" caused a withdrawal from the US market in late 1981. Kepailitan importir Amerika Vespa karena dua tuntutan produk-kewajiban mahal, meningkatnya persaingan dari produsen Jepang, dan negara-negara tertentu lewat apa yang disebut "hukum hijau" menyebabkan penarikan dari pasar AS pada tahun 1981 akhir.
During 1981-2001, despite an absence of United States domestic sales, Vespas continued to have a core group of enthusiasts who kept vintage scooters on the road by rebuilding, restoring, and adding performance-enhancing engine parts as the stock parts would wear out. Selama 1981-2001, walaupun tidak adanya penjualan domestik Amerika Serikat, Vespas terus memiliki kelompok inti penggemar yang terus skuter vintage di jalan dengan membangun kembali, memulihkan, dan menambahkan bagian-bagian mesin meningkatkan kinerja sebagai bagian saham akan aus.
Vespa returned to the US market in 2001 with a new, more modern style ET series, in 50 cc two and four stroke, and 150 cc four-stroke. Vespa kembali ke pasar AS pada tahun 2001 dengan, seri baru yang lebih modern gaya ET, dalam 50 cc dua dan empat stroke, dan 150 cc empat-stroke. According to the Motorcycle Industry Council, US scooter sales increased fivefold over six years, swelling from 12,000 units in 1997 to 69,000 units in 2002. Menurut Motorcycle Industry Council, penjualan skuter AS meningkat lima kali lipat lebih dari enam tahun, pembengkakan dari 12.000 unit pada tahun 1997 menjadi 69.000 unit pada tahun 2002. Vespa sales in the US increased 27 percent between 2001 and 2002. penjualan Vespa di AS meningkat 27 persen antara 2001 dan 2002. The 65 "Vespa Boutiques" scattered throughout the US gave scooterists a place to buy, service, and customize Vespa scooters, and outfit themselves in everything from Vespa watches and helmets to Vespa jackets, T-shirts, and sunglasses. The 65 "Vespa Boutiques" tersebar di seluruh Amerika Serikat memberikan scooterists tempat untuk membeli, layanan, dan menyesuaikan skuter Vespa, dan pakaian mereka sendiri dalam segala hal dari jam tangan Vespa dan helm untuk jaket Vespa, T-shirt, dan kacamata. Vespa restarted its American sales effort, opening its first boutique on Ventura Boulevard in Sherman Oaks, Calif. Vespa ulang usaha Amerika penjualan, membuka butik pertamanya di Ventura Boulevard di Sherman Oaks, California
In light of vastly-increasing US sales, Vespa developed the GT, offered as a 200 cc four-stroke and a 125 cc variant in Europe. Mengingat penjualan AS jauh meningkat, Vespa mengembangkan GT, ditawarkan sebagai stroke 200 cc empat-dan varian 125 cc di Eropa. In 2004 Vespa reintroduced a modernized PX 150 to the US. Pada tahun 2004 Vespa memperkenalkan kembali suatu modern PX 150 ke Amerika Serikat. In the fall of 2005, Piaggio offered their largest-selling Vespa scooter ever, the 250 cc-engined GTS250, available in Europe with ABS. Pada musim gugur tahun 2005, Piaggio menawarkan mereka terbesar menjual skuter Vespa yang pernah, yang GTS250 250 cc-bermesin, tersedia di Eropa dengan ABS.

[ edit ] Rest of the world [ sunting ] Sisa dari dunia

Bangkok : Vespa in business mode Bangkok : Vespa dalam bisnis mode
Vespa acquired popularity beyond Europe and North America. Vespa memperoleh popularitas luar Eropa dan Amerika Utara. When looking to expand into markets outside of Europe and North America, it was common for Vespa to partner with, or license certain models to already existing manufacturers. Ketika ingin memperluas ke pasar di luar Eropa dan Amerika Utara, hal itu biasa bagi Vespa untuk bermitra dengan, atau model lisensi tertentu untuk yang sudah ada produsen. Though the motorcycle industry has been and still is dominated by Japanese companies, Vespa still has a small but significant markets. Meskipun industri sepeda motor telah dan masih didominasi oleh perusahaan Jepang, Vespa masih memiliki pasar yang kecil tapi signifikan. While details are sometimes hard to come by, especially in some markets, some information is known. Sementara rincian terkadang sulit didapat, terutama di beberapa pasar, beberapa informasi diketahui.

[ edit ] India [ sunting ] India

Piaggio first licensed the production of Vespa scooters in India to Bajaj Auto in the 1960s. Piaggio pertama lisensi produksi skuter Vespa di India untuk Bajaj Auto di tahun 1960-an. In 1971, Piaggio's license was not renewed as a part of Indira Gandhi's privatization programs. Pada tahun 1971, lisensi Piaggio itu tidak diperpanjang sebagai bagian dari program privatisasi Indira Gandhi. After the collaboration ended, Bajaj continued to produce scooters of its own design, namely the Chetak , using design and engineering cues it had gleaned from the earlier affiliation. Setelah kolaborasi yang berakhir, Bajaj terus memproduksi skuter dari desain sendiri, yaitu Chetak , desain menggunakan dan isyarat rekayasa itu dikumpulkan dari afiliasi sebelumnya.
Another Vespa partner in India was that of LML Motors . Vespa mitra lain di India adalah bahwa dari LML Motors . Beginning as a joint-venture with Piaggio in 1983, LML, in addition to being a large parts supplier for Piaggio, produced the P-Series scooters for the Indian market . Awal sebagai usaha gabungan dengan Piaggio pada tahun 1983, LML, selain menjadi pemasok sebagian besar untuk Piaggio, memproduksi skuter P-Series untuk pasar India . In 1999, after protracted dispute with Piaggio, LML bought back Piaggio's stake in the company and the partnership ceased. Pada tahun 1999, setelah sengketa berkepanjangan dengan Piaggio, LML membeli kembali saham Piaggio di perusahaan dan kemitraan berhenti. LML continues to produce (and also exports) the P-Series variant known as the Stella in the US market and by other names in different markets. LML terus memproduksi (dan juga ekspor) the-varian Seri P dikenal sebagai Stella di pasar AS dan dengan nama lain di pasar yang berbeda.
Piaggio, in 2007, announced plans to reenter the Indian market. Piaggio, pada tahun 2007, mengumumkan rencana untuk masuk kembali pasar India. This time, however, Piaggio plans to do so with a wholly owned subsidiary. Kali ini, bagaimanapun, Piaggio berencana untuk melakukannya dengan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki.

[ edit ] Taiwan [ sunting ] Taiwan

Vespa has had various partnerships and presence in Taiwan. Vespa memiliki berbagai kemitraan dan kehadiran di Taiwan. In 1965 Taiwan Vespa Co. Ltd was licensed for Vespa scooter production. Pada tahun 1965 Taiwan Vespa Co Ltd ini dilisensikan untuk produksi skuter Vespa. From 1972 to 1982 Vespa entered into a collaboration with manufacturer PGO . Dari 1972-1982 Vespa mengadakan kerjasama dengan produsen PGO . In 1978 Vespa entered into a collaboration with TGB , which to some extent, continues to this day (namely with CVT transmission production). Pada tahun 1978 Vespa mengadakan kerjasama dengan TGB , yang sampai batas tertentu, terus hari ini (yaitu dengan produksi transmisi CVT).

[ edit ] Indonesia [ sunting ] Indonesia

A company known as Dan Motors Vespa produced Vespas under license for the Indonesian market. Sebuah perusahaan yang dikenal sebagai Dan Motor Vespa diproduksi Vespas di bawah lisensi untuk pasar Indonesia.

[ edit ] Export of restored classics [ sunting ] Ekspor klasik dipulihkan

The resurgence in interest in vintage motor scooters has also spawned the scooter restoration industry, with many restored Vespas being exported from Thailand, Vietnam and Indonesia to the rest of the world. [ 16 ] [ 17 ] [ 18 ] Kebangkitan minat dalam skuter motor tua juga melahirkan industri restorasi skuter, dengan Vespas dikembalikan banyak yang diekspor dari Thailand, Vietnam dan Indonesia ke seluruh dunia. [16] [17] [18]

[ edit ] Racing [ sunting ] Balapan

In the 1950s and early 1960s, Vespa and Lambretta scooters were raced competitively against motorcycles, often winning the races. Pada tahun 1950-an dan awal 1960, Vespa dan skuter Lambretta yang berlari kompetitif terhadap sepeda motor, sering memenangkan perlombaan. In the mid 1960s, motorcycle engines became larger and faster, and a gap was created—along with varying cc classifications. Pada pertengahan 1960-an, mesin sepeda motor menjadi lebih besar dan lebih cepat, dan kesenjangan diciptakan-bersama dengan berbagai klasifikasi cc. Since the 1980s, Vespa and Lambretta racing has grown into a serious sport in the United States. Sejak 1980-an, Vespa dan Lambretta balap telah berkembang menjadi sebuah olahraga yang serius di Amerika Serikat. There are various classes in the United States, depending on the racing association. Ada berbagai kelas di Amerika Serikat, tergantung pada asosiasi balap. They are generally: Mereka umumnya:
  • Small Frame Class: Open class up to 152 cc's Frame Kecil Kelas: Buka kelas sampai 152 cc
  • Automatics Class Automatics Class
  • Specials Class Kelas Spesial
  • Stock Class: Large-frame Vespa and Lambretta 180 & 200 cc scooters. Saham Kelas: Besar-frame Vespa dan Lambretta 180 & 200 cc skuter.

[ edit ] Vespa models [ sunting ] model Vespa

There have been 138 different versions of the Vespa. Ada 138 versi yang berbeda dari Vespa. Today five series are in production: the classic manual transmission PX and the modern CVT transmission S, LX, GT, and GTS. Hari ini lima seri di produksi: klasik transmisi manual PX dan modern transmisi CVT S, LX, GT, dan GTS.
1969 Vespa Rally 180 1969 Vespa Rally 180
1963 VBB Standard 150 1963 VBB Standard 150

[ edit ] Historic [ sunting ] Sejarah

  • Paperino – the original prototype made in 1945 at Biella Paperino - prototipe asli buatan pada tahun 1945 di Biella
  • Vespa 150 TAP – A Vespa modified by the French military that incorporated an antitank weapon. Vespa 150 TAP - Sebuah Vespa dimodifikasi oleh militer Perancis yang tergabung senjata anti-tank.
  • VNC Super 125 VNC Super 125
  • VBC Super 150 VBC Super 150
  • VLB Sprint 150 VLB Sprint 150
  • VBA Standard 150 VBA Standard 150
  • VBB Standard 150 VBB Standard 150
  • 125 GT 125 GT
  • V9A V9A
  • VNA VNA
  • VNB 125 VNB 125
  • Vespa U - U is for utilitaria (English - economic). Vespa U - U adalah untuk utilitaria (Inggris - ekonomi). 1953 model with a price of 110 mila Lire (about US$175), 7,000 were produced Model 1953 dengan harga 110 mila Lire (sekitar US $ 175), 7.000 diproduksi
  • GS 150 GS 150
  • GS 160 GS 160
  • SS 180 SS 180
  • Standard 90 (3 spd) Standar 90 (3 spd)
  • Standard 50 (3 spd) Standar 50 (3 spd)
  • SS50 (4 spd) SS50 (4 spd)
  • SS90 (4 spd)-90 SS Super Sprint SS90 (4 spd) -90 SS Super Sprint
  • 150 GL 150 GL
  • 90 Racer 90 Racer
  • 125 TS TS 125
  • 100 Sport 100 Olahraga
  • 125 GTR 125 GTR
  • 150 Sprint 150 Sprint
  • 150 Sprint Veloce ( Vespa Sprint ) 150 Sprint Veloce ( Vespa Sprint )
  • 180 SS Super Sport Super Sport SS 180
  • Rally 180 Rally 180
  • Rally 200 Rally 200
  • 125 Nuova (VMA-1T) - Prelude to Primavera 125 Nuova (VMA-1T) - Prelude untuk Primavera
  • Primavera 125 also ET3 (3 port version) Primavera 125 juga ET3 (3 versi port)
  • PK 50 PK 50
  • PK 50 XL PK 50 XL
  • PK 50 Roma (Automatic) PK 50 Roma (Otomatis)
  • 50 S 50 S
  • 50 Special 50 Khusus
  • 50 Special Elestart 50 Khusus Elestart
  • 50 Sprinter / 50 SR (D) 50 Sprinter / 50 SR (D)
  • 50 Special Revival (Limited to 3,000 Italy-only numbered units, released in 1991) 50 Special Revival (Limited untuk 3.000-Italia hanya unit nomor, dirilis pada 1991)
  • COSA 1 - 125 cc, 150 cc, 200 cc COSA 1-125 cc, 150 cc, 200 cc
  • COSA 2 - 125 cc, 150 cc, 200 cc COSA 2-125 cc, 150 cc, 200 cc
  • P 80 / P 80 E (France) P 80 / P 80 E (Prancis)
  • P 80 X/PX 80 E (France) P 80 X / PX 80 E (Prancis)
  • PK 80 S / Elestart PK 80 S / Elestart
  • PK 80 S Automatica / Elestart PK 80 Automatica S / Elestart
  • PK 100 S / Elestart S PK 100 / Elestart
  • PK 100 S Automatica PK 100 Automatica S
  • PK 100 XL PK 100 XL
  • PK 125 XL / Elestart PK 125 XL / Elestart
  • PK 125 S PK 125 S
  • PK 125 E PK 125 E
  • PK 125 automatica (automatic transmission) PK 125 automatica (transmisi otomatis)
  • P 125 X P 125 X
  • PX 125 E/Electronic PX 125 E / Elektronik
  • P 200 E P 200 E
  • PX 200 E FL PX 200 E FL
  • PX 200 Serie Speciale (Limited to 400 UK-only numbered units) PX 200 Serie Speciale (Limited untuk Inggris-hanya 400 unit bernomor)
  • T5 / Elestart (5 port engine 125 cc P series) T5 / Elestart (5 port engine 125 cc P series)
  • T5 Classic (5 port engine 125 cc P series) T5 Classic (5 port engine 125 cc P series)
  • T5 Millennium (5 port engine 125 cc P series) (Limited to 400 UK-only numbered units) T5 Millennium (5 port engine 125 cc P series) (Limited untuk Inggris-hanya 400 unit bernomor)

[ edit ] Recent [ sunting ] Terkini

  • ET2 50 - 2-stroke ET2 50-2-stroke
  • ET4 50 - 4-stroke ET4 50-4-stroke
  • ET4 125 (Euro Model) ET4 125 (Euro Model)
  • ET4 150 (Euro Model) ET4 150 (Euro Model)
  • ET4 150 (US model) ET4 150 (US model)
  • ET8 150 (Eastern model) ET8 150 (model Timur)
  • GT 125 (Granturismo 125) GT 125 (Granturismo 125)
  • GT 200 (Granturismo 200) GT 200 (Granturismo 200)
  • PX 125 PX 125
  • PX 150 (reintroduced to US and Canadian Markets in 2004) PX 150 (diperkenalkan kembali ke Pasar AS dan Kanada pada tahun 2004)
  • PX 200 PX 200

[ edit ] Current [ sunting ] Lancar

2008 Vespa LX150 2008 Vespa LX150
  • LX 50 LX 50
  • LX 125 LX 125
  • LX 150 LX 150
  • LXV 50 (60th anniversary variant of LX50) LXV 50 (60 HUT varian LX50)
  • LXV 125 (60th anniversary variant of LX125) LXV 125 (ke-60 HUT varian LX125)
  • GT 60° 250 cc Limited Edition. GT 60 ° Edisi Terbatas 250 cc. 999 produced worldwide in unique colours and each one receiving a commemorative badge, personalized with the owner's initials. 999 diproduksi di seluruh dunia dalam warna yang unik dan masing-masing menerima lencana peringatan, dipersonalisasi dengan inisial pemilik. Features the front-fender-mounted headlight, shared only with the GTV 250. Fitur lampu depan-fender-mount, berbagi hanya dengan GTV 250.
  • GTS 125 GTS 125
  • GTS 250ie GTS 250ie
  • GTS 250 ie abs GTS 250 yaitu abs
  • GTS 250 Super GTS 250 Super
  • GTS 300 Super (2008) GTS 300 Super (2008)
  • GTV 125 (60th anniversary variant of GTS 125) GTV 125 (ke-60 HUT varian GTS 125)
  • GTV 250 (60th anniversary variant of GTS 250) Features the fender mounted headlight as a tribute to the original Vespas. GTV 250 (ke-60 HUT varian GTS 250) Features fender dipasang lampu sebagai penghormatan kepada Vespas asli.
  • PX 30 125 (A limited edition, only 1000 produced to celebrate the 30 years of the P range [ 19 ] ) 30 PX 125 (A edisi terbatas, hanya 1000 diproduksi untuk merayakan 30 tahun rentang P [19] )
  • S 50 and S 125 new model 2007, introduced at Milan Motorshow November 2006 S 50 dan S 125 model baru 2007, diperkenalkan di Milan Motorshow November 2006
  • S 150 (2008) S 150 (2008)
  • Zafferano 50 cc and 125 cc (A limited edition, only 200 produced) [ 20 ] Zafferano 50 cc dan 125 cc (Edisi terbatas, hanya 200 yang diproduksi) [20]

[ edit ] Electric vehicles [ sunting ] Kendaraan Listrik

[ edit ] Hybrids [ sunting ] Hibrida

Piaggio/Vespa is developing a range of hybrid scooters. Piaggio / Vespa adalah mengembangkan berbagai skuter hibrida. Two models are in the works at present, based on the popular Vespa LX 50 and the beefier Piaggio X8 125. [ 21 ] Dua model dalam karya-karya saat ini, berdasarkan populer LX Vespa 50 dan beefier Piaggio X8 125. [21]

[ edit ] Specials [ sunting ] Spesial

One-offs and special machines: Satu-off dan mesin-mesin khusus:
  • Montlhéry – produced in 1950 to break world records on the French circuit of the same name . Montlhéry - diproduksi pada tahun 1950 untuk memecahkan rekor dunia di Perancis sirkuit dengan nama yang sama . It smashed 17 records in 10 hours Ini menghancurkan 17 catatan dalam 10 jam
  • Torpedo – 1951 125 cc special with counter-opposing pistons. Dino Mazzoncini set the world record on the kilometer at an average of 171 km/h Torpedo - 1951 125 cc khusus dengan-lawan piston counter. Dino Mazzoncini mengatur rekor dunia di kilometer pada rata-rata 171 km / h

No comments:

Post a Comment