Thursday 16 December 2010

CHOIR ATAWA PADUAN SUARA/UTOWO KOOR,..ATAU NGGAMMBBBLLLEEEEHHH

Paduan suara

From Wikipedia, the free encyclopedia Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas
Jump to: navigation , search Langsung ke: navigasi , cari
A choir , chorale , or chorus is a musical ensemble of singers. Choral music , in turn, is the music written specifically for such an ensemble to perform. Sebuah paduan suara, nyanyian untuk paduan suara, atau paduan suara adalah ansambel musik dari penyanyi. musik paduan suara, pada gilirannya, adalah musik yang ditulis secara khusus untuk seperti ensemble untuk melakukan.
A body of singers who perform together as a group is called a choir or chorus. Tubuh penyanyi yang tampil bersama sebagai sebuah kelompok disebut paduan suara atau chorus. The former term is very often applied to groups affiliated with a church (whether or not they actually occupy the choir ) and the second to groups that perform in theatres or concert halls, but this distinction is far from rigid. Istilah pertama adalah sangat sering digunakan untuk kelompok yang berafiliasi dengan sebuah gereja (apakah mereka benar-benar menduduki paduan suara ) dan yang kedua untuk kelompok-kelompok yang tampil di teater atau ruang konser, namun perbedaan ini adalah jauh dari kaku. The term "Choir" has the secondary definition of a subset of an ensemble; thus one speaks of the "woodwind choir" of an orchestra, or different "choirs" of voices and/or instruments in a polychoral composition. Istilah "Choir" memiliki definisi sekunder subset dari ensemble; demikian salah satu berbicara tentang "paduan suara woodwind" dari sebuah orkestra, atau berbeda "paduan suara" dari suara dan / atau instrumen dalam polychoral komposisi. In typical 18th to 21st century oratorios and masses , chorus or choir is usually understood to imply more than one singer per part, in contrast to the quartet of soloists also featured in these works. Dalam 18 khas untuk abad ke-21 oratorios dan massa , koor atau paduan suara biasanya dipahami untuk menyiratkan lebih dari satu penyanyi per bagian, kontras dengan kuartet solois juga ditampilkan dalam karya-karya ini.
Evensong in the quire of the York Minster , showing carved choirstalls. Kebaktian malam di gereja Inggeris di quire dari York Minster , menunjukkan choirstalls diukir.

Contents Isi

[hide]

[ edit ] Structure of choirs [ sunting ] Struktur paduan suara

Choirs are often led by a conductor or choirmaster. Paduan suara sering dipimpin oleh seorang konduktor atau pemimpin biduan. Most often choirs consist of four sections intended to sing in four part harmony, but there is no limit to the number of possible parts as long as there is a singer available to sing the part: Thomas Tallis wrote a 40-part motet entitled Spem in alium , for eight choirs of five parts each; Krzysztof Penderecki 's Stabat Mater is for three choirs of 16 voices each, a total of 48 parts. Paling sering paduan suara terdiri dari empat bagian dimaksudkan untuk bernyanyi dalam harmoni empat bagian, tetapi tidak ada batasan untuk jumlah bagian yang mungkin selama ada penyanyi tersedia untuk menyanyikan bagian: Thomas Tallis menulis 40-bagian motet berjudul Spem in alium , untuk delapan paduan suara dari lima bagian masing-masing; Krzysztof Penderecki 's Stabat Mater adalah untuk tiga paduan suara dari 16 suara masing-masing, total 48 bagian. Other than four, the most common number of parts are three, five, six and eight. Selain empat, jumlah yang paling umum bagian tiga, lima, enam dan delapan.
Choirs can sing with or without instrumental accompaniment. Paduan suara dapat bernyanyi dengan atau tanpa iringan instrumental. Singing without accompaniment is called a cappella singing (although the American Choral Directors Association [ 1 ] discourages this usage in favor of "unaccompanied," since a cappella denotes singing "as in the chapel" and much unaccompanied music today is secular). Bernyanyi tanpa iringan disebut a cappella bernyanyi (walaupun Choral Direksi American Association [1] menghambat penggunaan ini mendukung "tanpa ditemani," karena cappella sebuah menunjukkan bernyanyi "seperti di kapel" dan banyak tanpa pendamping musik saat ini adalah sekuler). Accompanying instruments vary widely, from only one to a full orchestra ; for rehearsals a piano or organ accompaniment is often used, even if a different instrumentation is planned for performance, or if the choir is rehearsing unaccompanied music. Mendampingi instrumen sangat bervariasi, dari hanya satu sampai penuh orkestra , karena suatu latihan piano atau organ pengiring sering digunakan, bahkan jika suatu instrumentasi yang berbeda direncanakan untuk kinerja, atau jika melatih paduan suara adalah musik tanpa ditemani.

[ edit ] In Worship Services [ sunting ] Dalam Ibadah Jasa

[ edit ] Accompaniment [ sunting ] Pendampingan

Egyptian Alexandria Jewish choir of Rabbin Moshe Cohen at Samuel Menashe synagogue. Alexandria , Egypt . Mesir Alexandria paduan suara Yahudi Rabbin Moshe Cohen di sinagoga Samuel Menashe. Alexandria , Mesir .
Eastern Orthodox churches, some American Protestant groups, and some synagogues do not use instruments. Ortodoks Timur gereja, beberapa kelompok Protestan Amerika, dan beberapa rumah-rumah ibadat tidak menggunakan instrumen. In churches of the Western Rite the accompanying instrument is usually the organ, although in colonial America , the Moravian Church used groups of strings and winds. Dalam gereja-gereja dari Ritus Barat instrumen yang menyertainya biasanya organ, meskipun di Amerika kolonial , yang Gereja Moravia digunakan kelompok string dan angin. Many churches which use a contemporary worship format use a small amplified band to accompany the singing, and Roman Catholic Churches may use, at their discretion, additional orchestral accompaniment. Banyak gereja yang menggunakan format ibadah kontemporer menggunakan band diperkuat kecil untuk menemani menyanyi, dan Gereja Katolik Roma dapat menggunakan, kebijaksanaan mereka, iringan orkestra tambahan.

[ edit ] Liturgical Function [ sunting ] Fungsi Liturgi

In addition to leading of singing in which the congregation participates, such as hymns and service music, some church choirs still sing full liturgies, including propers (introit, gradual, communion antiphons appropriate for the different times of the liturgical year ). Selain terkemuka bernyanyi di mana jemaat berpartisipasi, seperti himne dan layanan musik, gereja beberapa paduan suara masih menyanyikan liturgi penuh, termasuk PROPERS (introit, bertahap, antifon persekutuan sesuai untuk waktu yang berbeda dari tahun liturgi ). Chief among these are the Anglican and Roman Catholic churches; far more common however is the performance of anthems or motets at designated times in the service. Kepala di antara ini adalah Anglikan dan Katolik Roma gereja; jauh lebih umum bagaimanapun adalah kinerja dari lagu kebangsaan atau motets pada waktu yang ditunjuk pada layanan tersebut.

[ edit ] Contemporary [ sunting ] Kontemporer

Although many contemporary churches have replaced the choir with singers, some churches have choirs which are backing vocalists in contrary to front line singers, which are in the Alto, Soprano and Tenor range for both Males and Females. Meskipun banyak gereja kontemporer menggantikan paduan suara dengan penyanyi, beberapa gereja memiliki paduan suara yang mendukung vokalis bertentangan dengan penyanyi garis depan, yang berada di Alto, Tenor Soprano dan jangkauan baik untuk Pria dan Wanita. Unlike traditional churches, these choir members clap along to the songs, raise hands and even dance on the pedestal in an act of encouraging the congregation to do likewise. Tidak seperti gereja tradisional, para anggota paduan suara bertepuk tangan sepanjang lagu-lagu, mengangkat tangan dan bahkan menari di atas alas dalam suatu tindakan mendorong jemaat untuk melakukan hal yang sama. Some of these choirs do not even have a conductor. Beberapa paduan suara bahkan tidak memiliki konduktor.

[ edit ] Types of Choirs [ sunting ] Jenis Paduan Suara

  • Mixed choirs (with male and female voices). Dicampur paduan suara (dengan suara laki-laki dan perempuan). This is perhaps the most common type, usually consisting of soprano , alto , tenor and bass voices, often abbreviated as SATB . Ini mungkin tipe yang paling umum, biasanya terdiri dari sopran , alto , tenor dan bass suara, sering disingkat sebagai SATB . Often one or more voices is divided into two, eg, SSAATTBB, where each voice is divided into two parts, and SATBSATB, where the choir is divided into two semi-independent four-part choirs. Seringkali satu atau lebih suara dibagi menjadi dua, misalnya, SSAATTBB, di mana setiap suara dibagi menjadi dua bagian, dan SATBSATB, dimana paduan suara tersebut dibagi menjadi dua paduan suara empat bagian semi-independen. Occasionally baritone voice is also used (eg, SATBarB), often sung by the higher basses. Kadang-kadang bariton suara juga digunakan (misalnya, SATBarB), sering dinyanyikan oleh bass yang lebih tinggi. In smaller choirs with fewer men, SAB, or Soprano, Alto, and Baritone arrangements allow the few men to share the role of both the tenor and bass in a single part. Dalam paduan suara yang lebih kecil dengan laki-laki lebih sedikit, SAB, atau Sopran, Alto, dan Baritone pengaturan memungkinkan beberapa orang untuk berbagi peran baik tenor dan bass di bagian tunggal.
  • Male choirs, with the same SATB voicing as mixed choirs, but with boys singing the upper part (often called trebles or boy sopranos ) and men singing alto (in falsetto ), also known as countertenors . Male paduan suara, dengan menyuarakan SATB sama dengan paduan suara campuran, tapi dengan anak laki-laki menyanyikan bagian atas (sering disebut trebles atau soprano anak laki-laki ) dan laki-laki bernyanyi alto (dalam suara buatan bernada ), juga dikenal sebagai countertenors . This format is typical of the British cathedral choir. Format ini adalah khas dari paduan suara katedral Inggris.
  • Female choirs, usually consisting of soprano and alto voices, two parts in each, often abbreviated as SSAA, or as soprano I, soprano II, and alto, abbreviated SSA. Female paduan suara, biasanya terdiri dari suara sopran dan alto, dua bagian di masing-masing, sering disingkat sebagai SSAA, atau sebagai soprano I, II sopran, dan alto, disingkat SSA.
  • Men's choirs, or Male Chorale, usually consisting of two tenors, baritone, and bass, often abbreviated as TTBB (or ATBB if the upper part sings falsetto in alto range. ATBB may be seen in some barbershop quartet music. Men's paduan suara, atau Male Chorale, biasanya terdiri dari dua tenor, bariton, dan bas, sering disingkat sebagai TTBB (atau ATBB jika bagian atas bernyanyi miring di alto range mungkin. ATBB dilihat dalam beberapa kuartet pangkas musik.
  • Children's choirs, often two-part SA or three-part SSA, sometimes more voices. Anak-anak paduan suara, sering dua-bagian SA atau tiga bagian SSA, suara kadang-kadang lebih. This includes boychoirs . Ini termasuk boychoirs .
Choirs are also categorized by the institutions in which they operate: Paduan Suara juga dikategorikan oleh lembaga-lembaga di mana mereka beroperasi:
  • Church choirs Gereja paduan suara
  • Collegiate and university choirs Collegiate dan paduan suara universitas
  • School choirs Sekolah paduan suara
  • Community choirs (of children or adults) Komunitas paduan suara (dari anak-anak atau orang dewasa)
  • Signing choirs (of Deaf or Hearing individuals)- using Sign Language rather than voices Penandatanganan paduan suara (tuna rungu atau individu Mendengar) - menggunakan Bahasa Isyarat daripada suara
  • Integrated Signing and Singing Choirs use Sign Language and Voices and are led by both a Signductor and a Musical Director. Penandatanganan Terpadu dan Menyanyi Paduan suara menggunakan Daftar Bahasa dan Voices dan dipimpin oleh seorang Signductor dan Direktur Musik.
  • Professional choirs, either independent (eg Anúna ) or state-supported (eg, BBC Singers , National Chamber Choir of Ireland , Canadian Chamber Choir , Swedish Radio Choir ). paduan suara profesional, baik independen (misalnya Anúna ) atau negara yang didukung (misalnya, BBC Singers , Nasional Chamber Choir dari Irlandia , Kanada Chamber Choir , Swedia Radio Choir ).
Some choirs are categorized by the type of music they perform, such as Beberapa paduan suara dikategorikan oleh jenis musik yang mereka lakukan, seperti

[ edit ] Arrangements on Stage [ sunting ] Pengaturan pada Stage

One possible layout Satu kemungkinan tata letak
German Kantorei in front of the orchestra Jerman Kantorei di depan orkestra
There are various schools of thought regarding how the various sections should be arranged on stage. Ada berbagai aliran pemikiran mengenai bagaimana berbagai bagian harus diatur di atas panggung. In symphonic choirs it is common (though by no means universal) to order the choir behind the orchestra from highest to lowest voices from left to right, corresponding to the typical string layout. Pada paduan suara simfoni itu adalah umum (meskipun tidak berarti universal) untuk memesan paduan suara di belakang orkestra dari tertinggi ke suara terendah dari kiri ke kanan, sesuai dengan tata letak string khas. In a cappella or piano-accompanied situations it is not unusual for the men to be in the back and the women in front; some conductors prefer to place the basses behind the sopranos, arguing that the outer voices need to tune to each other. Dalam cappella atau piano-disertai situasi yang tidak biasa bagi orang-orang berada di belakang dan wanita-wanita di depan; beberapa konduktor lebih memilih untuk menempatkan Basses belakang soprano, dengan alasan bahwa suara-suara luar perlu tune satu sama lain.
More experienced choirs often sing with the voices all mixed together. Lebih paduan suara berpengalaman sering menyanyi dengan suara diramu bersama. Proponents of this method argue that it makes it easier for each individual singer to hear and tune to the other parts, but it requires more independence from each singer. Para pendukung metode ini berpendapat bahwa akan lebih mudah untuk setiap penyanyi individu untuk mendengar dan tune ke bagian lain, tetapi membutuhkan kemerdekaan lebih dari penyanyi masing-masing. Opponents argue that this method loses the spatial separation of individual voice lines, an otherwise valuable feature for the audience, and that it eliminates sectional resonance, which lessens the effective volume of the chorus. Lawan berpendapat bahwa metode ini kehilangan pemisahan spasial garis suara individu, fitur lain yang berharga untuk para penonton, dan itu menghilangkan resonansi sectional, yang mengurangi volume efektif paduan suara.
For music with double (or multiple) choirs, usually the members of each choir are together, sometimes significantly separated, especially in performances of 16th-century music. Untuk musik dengan ganda (atau beberapa) paduan suara, biasanya setiap anggota paduan suara bersama-sama, kadang-kadang terpisah secara signifikan, terutama dalam pertunjukan musik abad ke-16. Some composers actually specify that choirs should be separated, such as in Benjamin Britten 's War Requiem . Beberapa komposer sebenarnya menetapkan bahwa paduan suara harus dipisahkan, seperti di Benjamin Britten 's War Requiem .
Consideration is also given to the spacing of the singers. Pertimbangan juga diberikan kepada jarak penyanyi. Studies have found that not only the actual formation, but the amount of space (both laterally and circumambiently) affect the perception of sound by choristers and auditors. [ 2 ] Studi telah menemukan bahwa tidak hanya formasi yang sebenarnya, tetapi jumlah ruang (baik lateral dan circumambiently) mempengaruhi persepsi suara oleh choristers dan auditor. [2]

[ edit ] Skills involved in choral singing [ sunting ] Keterampilan terlibat dalam paduan suara bernyanyi

Choral singers vary greatly in their ability and performance. penyanyi paduan suara sangat bervariasi dalam kemampuan dan kinerja mereka. The best choral singers possess (among others) the following abilities: Penyanyi paduan suara terbaik memiliki (antara lain) kemampuan sebagai berikut:
  • to sing precisely in tune (on the correct pitch) and with a vocal timbre (or color) which complements the other singers; menyanyi tepatnya di tune (di lapangan benar) dan dengan vokal timbre (atau warna) yang melengkapi para penyanyi lainnya;
  • to sing at precisely controlled levels of volume, matching the dynamics marked in the score or prescribed by the conductor, and not sing so loudly as to be markedly detectable as an individual voice within the section; untuk menyanyi pada tingkat tepat dikendalikan volume, cocok dengan dinamika yang ditandai di skor atau diberikan oleh konduktor, dan tidak bernyanyi begitu keras untuk menjadi nyata terdeteksi sebagai suara individual dalam bagian;
  • to sight-read music fluently; untuk melihat-membaca musik dengan lancar;
  • to read and pronounce the text accurately and in the pronunciation style specified by the leader, whatever the language may be. untuk membaca dan mengucapkan teks akurat dan dalam gaya pengucapan yang ditentukan oleh pemimpin, apapun bahasa mungkin. This includes correct diction, proper vowels and timing of diphthongs, and correct placement of consonants; Ini termasuk diksi yang benar, vokal yang tepat dan waktu diftong, dan penempatan yang benar dari konsonan;
  • to understand and interpret the music and to reflect that understanding in the vocal production of the music; untuk memahami dan menafsirkan musik dan untuk mencerminkan bahwa pemahaman dalam produksi vokal musik;
  • to remain completely alert for long periods, monitoring closely what is going on in a rehearsal or performance; untuk tetap sepenuhnya waspada untuk waktu yang lama, pemantauan secara ketat apa yang sedang terjadi dalam latihan atau kinerja;
  • to monitor one's own singing and detect errors, correcting them as they go along, untuk memantau menyanyi sendiri dan mendeteksi kesalahan, mengoreksi mereka saat mereka pergi bersama,
  • to accept direction from others for the good of the group as a whole, even when the singer disagrees aesthetically with the instructions; untuk menerima arahan dari orang lain untuk kebaikan kelompok secara keseluruhan, bahkan ketika penyanyi tidak setuju estetis dengan instruksi;
  • to produce a healthy and pleasing tone through the use of proper vocal technique; untuk menghasilkan nada yang sehat dan menyenangkan melalui penggunaan teknik vokal yang tepat;
  • to sing using pure vowels through vowel tracking to match the group; menyanyi menggunakan vokal murni melalui vokal pelacakan untuk mencocokkan kelompok;
Singers who have perfect pitch require yet other skills: Penyanyi yang memiliki pitch yang sempurna namun membutuhkan keterampilan lain:
  • to sing music in keys other than that in which it is written, since choirs often sing music in transposed form. menyanyi musik di kunci lain selain yang di mana ada tertulis, karena sering bernyanyi paduan suara musik dalam bentuk dialihkan.
  • to stay "in tune" with the ensemble, even in the event the ensemble modulates slightly away from "perfect" pitch tinggal "selaras" dengan ensemble, bahkan di acara ansambel memodulasi sedikit menjauh dari lapangan "sempurna"
  • to provide ensembles with the key or starting pitch that a piece begins on, usually with unaccompanied pieces untuk menyediakan ansambel dengan pitch kunci atau memulai karya tersebut dimulai pada, biasanya dengan potongan tanpa ditemani

[ edit ] Historical overview of choral music [ sunting ] Sekilas Sejarah musik paduan suara

[ edit ] Antiquity [ sunting ] Antiquity

Relief, now in Athens , showing Dionysus with actresses (possibly from The Bacchae ) carrying masks and drums. Relief, sekarang di Athena , menunjukkan Dionisius dengan aktris (mungkin dari The Bacchae ) membawa masker dan drum.
The oldest unambiguously choral repertory that survives is that of ancient Greece , of which the 2nd century BC Delphic hymns and the 2nd century AD. Repertoar jelas paduan suara tertua yang bertahan adalah bahwa dari Yunani kuno , yang dalam abad ke-2 SM Delphi himne dan 2 Masehi abad. hymns of Mesomedes are the most complete. himne dari Mesomedes adalah yang paling lengkap. The original Greek chorus sang its part in Greek drama , and fragments of works by Euripides ( Orestes ) and Sophocles ( Ajax ) are known from papyri . Asli Yunani paduan suara menyanyikan bagian dalam drama Yunani , dan fragmen karya-karya Euripides ( Orestes ) dan Sophocles ( Ajax ) dikenal dari papirus . The Seikilos epitaph (2c BC) is a complete song (although possibly for solo voice). The batu nisan Seikilos (2c SM) adalah sebuah lagu lengkap (meskipun mungkin untuk suara solo). One of the latest examples, Oxyrhynchus hymn (3c) is also of interest as the earliest Christian music . Salah satu contoh terbaru, Oxyrhynchus himne (3c) juga kepentingan sebagai awal musik Kristen .
Of the Roman drama's music a single line of Terence surfaced in the 18c. Dari Romawi 's musik drama satu baris dari Terence muncul di 18c.
See also Ancient music . Lihat juga musik Kuno .

[ edit ] Medieval music [ sunting ] Musik Abad Pertengahan

Church singing, Tacuinum Sanitatis Casanatensis (XIV century). Gereja bernyanyi, Tacuinum Sanitatis Casanatensis (abad XIV).
The earliest notated music of western Europe is Gregorian Chant , along with a few other types of chant which were later subsumed (or sometimes suppressed) by the Catholic Church. Musik dinotasikan awal Eropa barat Gregorian Chant , bersama dengan beberapa jenis lain nyanyian yang kemudian dimasukkan (atau kadang-kadang dirahasiakan) oleh Gereja Katolik. This tradition of unison choir singing lasted from sometime between the times of St. Tradisi ini paduan suara menyanyi serentak berlangsung dari kadang antara zaman St Ambrose (4th century) and Gregory the Great (6th century) up to the present. Ambrose (abad ke-4) dan Gregorius Agung (abad ke-6) sampai dengan saat ini. During the later Middle Ages, a new type of singing involving multiple melodic parts, called organum , became predominant for certain functions, but initially this polyphony was only sung by soloists. Selama Abad Pertengahan, tipe baru menyanyi yang melibatkan beberapa bagian melodi, disebut Organum , menjadi dominan untuk fungsi-fungsi tertentu, tapi awalnya ini polifoni hanya dinyanyikan oleh penyanyi solo. Further developments of this technique included clausulae , conductus and the motet (most notably the isorhythmic motet), which, unlike the Renaissance motet, describes a composition with different texts sung simultaneously in different voices. perkembangan lebih lanjut dari teknik ini termasuk clausulae , conductus dan motet (terutama isorhythmic motet), yang, tidak seperti Renaissance motet, menggambarkan sebuah komposisi dengan teks yang berbeda dinyanyikan secara bersamaan dengan suara yang berbeda. The first evidence of polyphony with more than one singer per part comes in the Old Hall Manuscript (1420, though containing music from the late 14th century), in which there are apparent divisi , one part dividing into two simultaneously sounding notes. Bukti pertama polifoni dengan lebih dari satu penyanyi per bagian datang dalam Naskah Lama Hall (1420, meskipun berisi musik dari abad ke-14 akhir), di mana terdapat Divisi jelas, satu bagian membagi menjadi dua terdengar catatan secara bersamaan.

[ edit ] Renaissance music [ sunting ] Musik Renaisans

During the Renaissance , sacred choral music was the principal type of formally-notated music in Western Europe. Selama Renaisans , musik paduan suara suci adalah tipe utama-dinotasikan musik resmi di Eropa Barat. Throughout the era, hundreds of masses and motets (as well as various other forms) were composed for a cappella choir, though there is some dispute over the role of instruments during certain periods and in certain areas. Sepanjang era, ratusan massa dan motets (serta berbagai bentuk lainnya) yang terdiri atas sebuah acapela paduan suara, meskipun ada beberapa sengketa alih peran instrumen selama periode tertentu dan di daerah tertentu. Some of the better-known composers of this time include Dufay , Josquin des Prez , Giovanni Pierluigi da Palestrina , and William Byrd ; the glories of Renaissance polyphony were choral, sung by choirs of great skill and distinction all over Europe. Beberapa komponis terkenal lebih baik dari waktu ini termasuk Dufay , Josquin des Prez , Giovanni Pierluigi da Palestrina , dan William Byrd , kemuliaan Renaissance polifoni adalah paduan suara, dinyanyikan oleh paduan suara keterampilan besar dan perbedaan di seluruh Eropa. Choral music from this period continues to be popular with many choirs throughout the world today. musik paduan suara dari periode ini terus populer dengan paduan suara di seluruh dunia saat ini.
The madrigal , a partsong conceived for amateurs to sing in a chamber setting, originated at this period. Ini sajak pendek tentang cinta , partsong sebuah dikandung untuk amatir untuk menyanyi dalam pengaturan ruang, berasal pada periode ini. Although madrigals were initially dramatic settings of unrequited-love poetry or mythological stories in Italy, they were imported into England and merged with the more dancelike balletto , celebrating carefree songs of the seasons, or eating and drinking. Meskipun pada awalnya pengaturan madrigals dramatis-cinta tak berbalas puisi atau cerita-cerita mitologi di Italia, mereka diimpor ke Inggris dan bergabung dengan lebih dancelike Balletto , lagu-lagu riang merayakan musim, atau makan dan minum. To most English speakers, the word madrigal now refers to the latter, rather than to madrigals proper, which refers to a poetic form of lines consisting of seven and eleven syllables each. Untuk penutur bahasa Inggris umumnya, sajak pendek tentang cinta kata sekarang mengacu pada yang kedua, bukan untuk madrigals yang tepat, yang mengacu pada bentuk puitis baris yang terdiri dari tujuh dan sebelas suku masing-masing.
The interaction of sung voices in Renaissance polyphony influenced Western music for centuries. Interaksi suara dinyanyikan dalam polifoni Renaissance dipengaruhi musik Barat selama berabad-abad. Composers are routinely trained in the "Palestrina style" to this day, especially as codified by the 18c music theorist Johann Joseph Fux . Komponis secara rutin dilatih dalam "gaya Palestrina" sampai hari ini, terutama sebagai dikodifikasikan oleh 18c teori musik Johann Joseph Fux . Composers of the early 20th century also wrote in Renaissance-inspired styles. Herbert Howells wrote a Mass in the Dorian mode entirely in strict Renaissance style, and Ralph Vaughan Williams 's Mass in G minor is an extension of this style. Anton von Webern wrote his dissertation on the Choralis Constantinus of Heinrich Isaac and the contrapuntal techniques of his serial music may be informed by this study. Komposer dari awal abad 20 juga menulis di-terinspirasi gaya Renaissance. Herbert Howells menulis Misa dalam modus Dorian seluruhnya dalam gaya Renaisans yang ketat, dan Ralph Vaughan Williams 's Misa di G minor merupakan perluasan dari gaya ini. Anton von Webern menulis disertasinya di Constantinus Choralis dari Heinrich Ishak dan teknik kontrapungtal nya musik serial dapat diinformasikan oleh penelitian ini.

[ edit ] Baroque music [ sunting ] musik Barok

The Baroque period in music is associated with the development around 1600 of the figured bass , with dramatic implications in the realm of solo vocal music such as the monodies of the Florentine Camerata and opera . Para periode Baroque dalam musik dikaitkan dengan perkembangan sekitar 1600 dari bass menduga , dengan implikasi dramatis di bidang musik vokal solo seperti monodies dari Camerata Florentine dan opera . This innovation was in fact an extension of established practice of accompanying choral music at the organ, either from a skeletal reduced score (from which otherwise lost pieces can sometimes be reconstructed) or from a basso seguente , a part on a single staff containing the lowest sounding part. Inovasi ini sebenarnya merupakan perluasan dari praktek didirikan atas musik paduan suara di organ, baik dari skor dikurangi kerangka (dari yang dinyatakan hilang potongan kadang-kadang dapat direkonstruksi) atau dari seguente penyanyi bas, bagian pada staf yang berisi terendah terdengar bagian.
A new genre was the vocal concertato , combining voices and instruments; its origins may be sought in the polychoral music of the Venetian school . Claudio Monteverdi (1567–1643) brought it to perfection with his Vespers and his Eighth Book of Madrigals, [ 3 ] which call for great virtuosity on the part of singers and instruments alike. Sebuah genre baru adalah vokal concertato , menggabungkan suara dan instrumen; asal-usulnya dapat dicari di polychoral musik dari sekolah Venesia . Claudio Monteverdi (1567-1643) membawanya ke kesempurnaan dengan nya Vesper dan nya Kedelapan Kitab Madrigals, [3 ] yang menuntut keahlian besar pada bagian dari penyanyi dan instrumen sama. His pupil Heinrich Schütz (1585–1672) (who had earlier studied with Giovanni Gabrieli ) introduced the new style to Germany. murid-Nya Heinrich Schütz (1585-1672) (yang sebelumnya belajar dengan Giovanni Gabrieli ) memperkenalkan gaya baru ke Jerman. Alongside the new music of the secunda pratica , contrapuntal motets in the stile antico or old style continued to be written well into the 19th century. Bersamaan dengan musik baru dari pratica secunda , motets kontrapungtal dalam Stile Antico atau gaya lama terus ditulis baik ke abad ke-19.
It should be remembered that choirs at this time were usually quite small and that singers could be classified as suited to church or to chamber singing. Harus diingat bahwa paduan suara saat ini biasanya cukup kecil dan yang penyanyi dapat diklasifikasikan sebagai cocok ke gereja atau menyanyi ruang. Monteverdi, himself a singer, is documented as taking part in performances of his Magnificat with one voice per part. [ 4 ] Monteverdi, dirinya seorang penyanyi, yang didokumentasikan sebagai mengambil bagian dalam pertunjukan Magnificat dengan satu suara per bagian. [4]
Independent instrumental accompaniment opened up new possibilities for choral music. Verse anthems alternated accompanied solos with choral sections; the best-known composers of this genre were Orlando Gibbons and Henry Purcell . Grand motets (such as those of Lully and Delalande ) separated these sections into separate movements. Oratorio , pioneered by Giacomo Carissimi , extended this concept into concert-length works, usually loosely based on Biblical stories. iringan instrumental Independen membuka kemungkinan baru untuk musik paduan suara. lagu kebangsaan Ayat diselingi solo disertai dengan bagian paduan suara, yang dikenal komponis terbaik dari genre ini adalah Orlando Gibbons dan Henry Purcell . Grand motets (seperti orang-orang Lully dan Delalande ) yang dipisahkan bagian ini ke gerakan terpisah. Oratorio , dipelopori oleh Giacomo Carissimi , diperpanjang konsep ke-panjang karya konser, biasanya longgar didasarkan pada cerita Alkitab.
The pinnacle of the oratorio is found in George Frideric Handel 's works, notably Messiah and Israel in Egypt . Puncak dari Oratorio ditemukan di George Frideric Handel karya ', terutama Mesias dan Israel di Mesir . While the modern chorus of hundreds had to await the growth of Choral societies and his centennial commemoration concert, we find Handel already using a variety of performing forces, from the soloists of the Chandos Anthems to larger groups (whose proportions are still quite different from modern orchestra choruses): Sementara paduan suara modern ratusan harus menunggu pertumbuhan masyarakat paduan suara dan konser peringatan seratus tahun nya, kita menemukan Handel sudah menggunakan berbagai kekuatan melakukan, dari penyanyi solo dari lagu kebangsaan Chandos untuk kelompok yang lebih besar (yang proporsinya masih sangat berbeda dari modern orkestra chorus):
Yesterday [Oct. Kemarin [Oktober 6] there was a Rehearsal of the Coronation Anthem in Wesminster-Abby , set to musick by the famous Mr Hendall: there being 40 voices, and about 160 violins , Trumpets , Hautboys , Kettle-Drums and Bass' proportionable..! 6] ada Rehearsal dari Lagu Kebangsaan Coronation di Wesminster-Abby , diatur ke Musick oleh Bapak Hendall terkenal: ada yang 40 suara, dan sekitar 160 biola , Sangkakala , Hautboys , Kettle-Drum dan proportionable .. 'Bass!
Norwich Gazette , October 14, 1727 - Norwich Gazette, 14 Okt 1727
Lutheran composers wrote instrumentally-accompanied cantatas , often based on chorales ( hymns ). Lutheran komposer menulis instrumental-disertai cantatas , sering didasarkan pada chorales ( himne ). While Dieterich Buxtehude was a significant composer of such works, it was largely up to the next generation to undertake cantata cycles on texts for the entire church year . Telemann wrote choral cantatas for Frankfurt (later published in solo versions as the Harmonische Gottesdienst ) and Graupner cycles for Darmstadt, but Johann Sebastian Bach (1685–1750) made a truly monumental contribution: his obituary mentions five complete cycles, of which three comprising some 200 works are known today, in addition to motets , (Bach himself did not use the term "cantata," motet here refers to his "church music" without orchestra) passions , masses and the Magnificat . Sementara Dieterich Buxtehude adalah seorang komponis yang signifikan dari karya-karya seperti itu, sebagian besar tergantung pada generasi berikutnya untuk melakukan siklus kantata pada teks untuk seluruh tahun gereja . Telemann menulis cantatas paduan suara untuk Frankfurt (kemudian diterbitkan dalam versi solo sebagai Gottesdienst Harmonische) dan Graupner siklus untuk Darmstadt, tapi Johann Sebastian Bach (1685-1750) membuat kontribusi yang benar-benar monumental: obituari nya menyebutkan lima siklus yang lengkap, yang tiga yang terdiri dari sekitar 200 karya yang dikenal saat ini, selain motets , (Bach sendiri tidak menggunakan istilah "kantata," di sini merujuk motet ke "nya gereja" musik tanpa orkestra) gairah , massa dan Magnificat.
Baroque cantata with one voice per part Barok kantata dengan satu suara per bagian
A point of hot controversy today is the so-called "Rifkin hypothesis," which re-examines the famous " Entwurff ," Bach's 1730 memo to the Leipzig City Council ( A Short but Most Necessary Draft for a Well Appointed Church Music ) calling for at least 12 singers. Sebuah titik kontroversi panas hari ini adalah apa yang disebut "Rifkin hipotesis," yang kembali memeriksa "terkenal" Entwurff, 1730 memo Bach ke Leipzig Dewan Kota (A Short tetapi Kebanyakan Diperlukan Draft untuk sebuah Gereja Musik Diangkat Yah) menyerukan setidaknya 12 penyanyi. In light of Bach's responsibility to provide music to four churches and be able to perform double choir compositions with a substitute for each voice, Joshua Rifkin concludes that Bach's music was normally written with one voice per part in mind. Mengingat tanggung jawab Bach untuk memberikan musik ke empat gereja dan dapat melakukan komposisi paduan suara ganda dengan pengganti untuk setiap suara, Joshua Rifkin menyimpulkan itu musik Bach biasanya ditulis dengan satu suara per bagian dalam pikiran. A few sets of original performing parts include ripieni who reinforce rather than slavishly double the vocal quartet. Sebuah set beberapa bagian melakukan asli termasuk ripieni yang memperkuat daripada sangat merendahkan diri dua kali lipat kuartet vokal.

[ edit ] Classical and Romantic music [ sunting ] Musik klasik dan Romantis

Composers of the late 18th century became fascinated with the new possibilities of the symphony and other instrumental music, and generally neglected choral music. Mozart 's choral music generally does not represent his best work, with a few exceptions (such as the "Great" Mass in C minor and Requiem in D minor). Haydn became more interested in choral music near the end of his life following his visits to England in the 1790s, when he heard various Handel oratorios performed by large forces; he wrote a series of masses beginning in 1797 and his two great oratorios The Creation and The Seasons . Beethoven wrote only two masses, both intended for liturgical use, although his Missa solemnis is suitable only for the grandest ceremonies. Komposer dari akhir abad 18 menjadi terpesona dengan kemungkinan-kemungkinan baru yang lain instrumental musik dan, umumnya diabaikan paduan suara musik dan simfoni. Mozart 's musik paduan suara umumnya tidak mewakili terbaik karyanya, dengan beberapa pengecualian (seperti "Besar" Misa di C minor dan Requiem dalam D minor). Haydn menjadi lebih tertarik pada musik paduan suara menjelang akhir hidupnya setelah kunjungannya ke Inggris pada 1790-an, ketika ia mendengar berbagai oratorios Handel dilakukan oleh kekuatan-kekuatan besar; ia menulis serangkaian massa mulai tahun 1797 dan dua oratorios besar Penciptaan dan The Seasons . Beethoven hanya menulis dua massa, baik ditujukan untuk penggunaan liturgis, meskipun ia solemnis Missa hanya cocok untuk upacara termegah. He also pioneered the use of chorus as part of symphonic texture with his Ninth Symphony and his Choral Fantasia. Dia juga memelopori penggunaan paduan suara sebagai bagian dari tekstur simfonik dengan nya Ninth Symphony dan nya Choral Fantasia.
In the 19th century, sacred music escaped from the church and leaped onto the concert stage, with large sacred works unsuitable for church use, such as Berlioz 's Te Deum and Requiem , and Brahms 's Ein deutsches Requiem . Rossini 's Stabat mater , Schubert 's masses, and Verdi 's Requiem also exploited the grandeur offered by instrumental accompaniment. Pada abad ke-19, musik suci melarikan diri dari gereja dan melompat ke panggung konser, dengan karya-karya suci besar tidak cocok untuk digunakan gereja, seperti Berlioz 's Te Deum dan Requiem , dan Brahms 's Ein Deutsches Requiem . Rossini 's Stabat mater , Schubert 's massa, dan Verdi 's Requiem juga dimanfaatkan kemegahan yang ditawarkan oleh iringan instrumental.
Oratorios also continued to be written, clearly influenced by Handel's models. Oratorios juga terus ditulis, jelas dipengaruhi oleh model Handel. Berlioz's L'Enfance du Christ and Mendelssohn's Elijah and St Paul are in the category. Berlioz's L'Enfance du Kristus dan Mendelssohn Elia dan St Paul berada di kategori. Schubert, Mendelssohn, and Brahms also wrote secular cantatas, the best known of which are Brahms's Schicksalslied and Nänie . Schubert, Mendelssohn, dan Brahms juga menulis cantatas sekuler, yang paling terkenal yang Brahms's Schicksalslied dan Nänie .
A few composers developed a cappella music, especially Bruckner , whose masses and motets startlingly juxtapose Renaissance counterpoint with chromatic harmony. Sebuah beberapa komposer mengembangkan musik acapela, terutama Bruckner , yang massa dan motets mengejutkan mendekatkan tandingan Renaissance dengan harmoni kromatis. Mendelssohn and Brahms also wrote significant a cappella motets. Mendelssohn dan Brahms juga menulis signifikansi a motets cappella.
The amateur chorus (beginning chiefly as a social outlet) began to receive serious consideration as a compositional venue for the part-songs of Schubert, Schumann , Mendelssohn, Brahms, and others. The chorus amatir (permulaan terutama sebagai outlet sosial) mulai menerima pertimbangan serius sebagai tempat komposisi untuk lagu-bagian dari Schubert, Schumann , Mendelssohn, Brahms, dan lain-lain. These 'singing clubs' were often for women or men separately, and the music was typically in four-part (hence the name "part-song") and either a cappella or with simple instrumentation. Ini 'bernyanyi klub' sering untuk perempuan atau laki-laki secara terpisah, dan musik itu biasanya dalam empat bagian (maka nama "bagian-lagu") dan baik cappella atau dengan instrumentasi yang sederhana. At the same time, the Cecilian movement attempted a restoration of the pure Renaissance style in Catholic churches. Pada saat yang sama, gerakan Cecilian mencoba pemulihan dari gaya Renaisans murni di gereja-gereja Katolik.

[ edit ] 20th and 21st centuries [ sunting ] dan 21 abad ke-20

As in other genres of music, choral music underwent a period of experimentation and development during the 20th century . Seperti dalam genre musik lain, musik paduan suara mengalami masa percobaan dan pengembangan selama abad ke-20 . While few well-known composers focused primarily on choral music, most significant composers of the early century produced some fine examples that have entered the repertoire. Sementara komposer terkenal beberapa berfokus terutama pada musik paduan suara, komposer paling penting dari awal abad dihasilkan beberapa contoh baik yang telah memasuki repertoar.
The late-Romantic composers, such as Richard Strauss and Sergei Rachmaninoff , contributed to the genre. Ralph Vaughan Williams 's Mass in G minor harks back to the Renaissance style while exhibiting the vibrancy of new harmonic languages. The-Romantic komposer terlambat, seperti Richard Strauss dan Sergei Rachmaninoff , memberikan kontribusi terhadap genre. Ralph Vaughan Williams 's Misa di G minor harks kembali ke gaya Renaisans sementara memamerkan semangat bahasa harmonik baru. Vaughan Williams also arranged English and Scottish folk songs. Arnold Schoenberg 's Friede auf Erden is a tonal kaleidoscope, whose tonal centers are constantly shifting (his harmonically innovative Verklärte Nacht for strings dates from the same period). Vaughan Williams juga mengatur lagu-lagu rakyat Skotlandia dan Inggris. Arnold Schoenberg 's Friede auf Erden adalah kaleidoskop tonal, tonal pusat yang terus berubah (inovatif harmonically Verklärte Nacht untuk string tanggal dari periode yang sama).
The advent of atonality and other non-traditional harmonic systems and techniques in the 20th century also affected choral music. Munculnya keadaan tanpa nada dan sistem harmonik non-tradisional dan teknik di abad ke-20 juga dipengaruhi musik paduan suara. Serial music is represented by choral works by Arnold Schoenberg , including the anthem "Dreimal Tausend Jahre," while the composer's signature use of sprechstimme is evident in his psalm "De Profundis." Paul Hindemith 's distinctive modal language is represented by both his a cappella Mass and his Six Chansons on texts by Rilke, while a more contrapuntally dissonant style comes through in his secular requiem, When Lilacs Last in the Dooryard Bloom'd. Olivier Messiaen also demonstrates dissonant counterpoint in his Cinq Rechants, which tell the Tristan and Isolde story. Charles Ives ' psalm settings exemplify the composer's incomparably radical harmonic language. musik Serial diwakili oleh karya-karya paduan suara oleh Arnold Schoenberg , termasuk lagu "Dreimal Tausend Jahre," sementara itu tanda tangan menggunakan komposer dari sprechstimme adalah jelas dalam mazmur-Nya "De Profundis." Paul Hindemith 's bahasa modal khas diwakili oleh kedua Nya menjadi cappella Misa dan Enam-Nya chanson pada teks oleh Rilke, sementara contrapuntally disonan gaya yang lebih datang melalui dalam requiem sekuler itu, Ketika lilacs Terakhir di Bloom'd Dooryard. Olivier Messiaen juga menunjukkan tandingan disonan dalam bukunya CINQ Rechants, yang memberitahu Tristan dan Isolde cerita. Charles Ives pengaturan mazmur 'contoh radikal harmonik bahasa komposer yang jauh itu. Tone clusters and aleatory elements play a prominent role in the choral music of Krzysztof Penderecki , who wrote the St. Luke Passio, and György Ligeti , who wrote both a Requiem and a separate Lux Aeterna. Milton Babbitt incorporated integral serialism into works for children's chorus, while Daniel Pinkham wrote for choir and electronic tape. Meredith Monk 's Panda Chant and Astronaut Anthem explore overtones in an unconventional text setting. Nada cluster dan unsur-unsur tdk sengaja memainkan peran penting dalam musik paduan suara dari Krzysztof Penderecki , yang menulis St Lukas Passio, dan György Ligeti , yang menulis baik Requiem dan Lux Aeterna terpisah. Milton Babbitt dimasukkan serialism terpisahkan menjadi karya untuk paduan suara anak-anak's , sedangkan Daniel Pinkham menulis untuk paduan suara dan tape elektronik. Meredith Monk 's Panda Chant dan Astronaut Anthem mengeksplorasi nada dalam suasana teks yang tidak konvensional. Though difficult and rarely performed by amateurs, pieces that demonstrate such unfamiliar idioms have found their way into the repertories of the finest semi-professional and professional choirs around the world. Meskipun sulit dan jarang dilakukan oleh amatir, potongan-potongan yang menunjukkan idiom asing tersebut telah menemukan cara mereka ke dalam repertories dari paduan suara semi-profesional dan profesional terbaik di seluruh dunia.
More accessible styles of choral music include that by Benjamin Britten , including his War Requiem , Five Flower Songs , and Rejoice in the Lamb . Francis Poulenc 's Motets pour le temps de noël , Gloria , and Mass in G are often performed. diakses gaya Lebih dari musik paduan suara termasuk yang oleh Benjamin Britten , termasuk nya Perang Requiem , Lima Bunga Songs, dan Bersukacitalah dalam Anak Domba . Francis Poulenc Motets s 'tuang le temps de Noel, Gloria, dan misa dalam G sering dilakukan. A primitivist approach is exemplified by Carl Orff 's widely performed Carmina Burana . Pendekatan primitivis dicontohkan oleh Carl Orff dilakukan 's luas Carmina Burana . In the United States, Aaron Copland , Samuel Barber , and Randall Thompson wrote signature American pieces. Di Amerika Serikat, Aaron Copland , Samuel Barber , dan Randall Thompson menulis potongan tanda tangan Amerika. In Eastern Europe, Béla Bartók and Zoltán Kodály wrote a small amount of music for choirs. Frank Martin 's Mass for double choir combines modality and allusion to Medieval and Renaissance forms with a distinctly modern harmonic language and has become the composer's most performed work. Di Eropa Timur, Béla Bartók dan Zoltán Kodály menulis sejumlah kecil musik untuk paduan suara. Frank Martin s 'Massa untuk paduan suara ganda menggabungkan modalitas dan sindiran dan Renaissance bentuk Abad Pertengahan dengan harmonis bahasa modern jelas dan telah menjadi paling melakukan pekerjaan komposer.
The so-called holy minimalists are represented by Arvo Pärt , whose Johannespassion and Magnificat have received regular performances; John Tavener ( Song for Athene ) and Henryk Gorecki ( Totus Tuus ) share this label. Yang disebut minimalis suci yang diwakili oleh Arvo Pärt , yang Johannespassion dan Magnificat telah menerima pertunjukan teratur; Yohanes Tavener (Song untuk Athena) dan Henryk Gorecki (Totus Tuus) saham label ini. American minimalism and post minimalism are represented by Steve Reich 's Desert Music , choral excerpts from Philip Glass 's Einstein on the Beach and John Adams ' The Death of Klinghoffer , and David Lang 's Pulitzer Prize-winning Little Match Girl Passion . minimalis Amerika dan minimalis pos diwakili oleh Steve Reich 's Gurun Musik , kutipan paduan suara dari Philip Glass 's Einstein on the Beach dan John Adams ' The Death of Klinghoffer , dan David Lang 's pemenang hadiah Pulitzer Little Match Girl Passion.
At the turn of the 21st century, choral music has received a resurgence of interest partly due to a renewed interest in accessible choral idioms, and the influence of innovative and popular young composers such as Eric Whitacre . Pada pergantian abad ke-21, musik paduan suara telah menerima kebangkitan kepentingan sebagian karena minat baru dalam idiom diakses paduan suara, dan pengaruh populer muda komposer dan inovatif seperti Eric Whitacre . Multi-cultural influences are found in Osvaldo Golijov 's St. Mark Passion, which melds the Bach-style passion form with Latin American street music, and Chen Yi 's Chinese Myths Cantata melds atonal idioms with traditional Chinese melodies played on traditional Chinese instruments. Pengaruh budaya Multi ditemukan di Osvaldo Golijov 's St Mark Passion, yang melds gairah gaya bentuk-Bach dengan musik jalan Amerika Latin, dan Chen Yi 's Cina Mitos Cantata melds idiom tanpa nada dengan melodi tradisional Cina memainkan instrumen tradisional Cina . Some composers began to earn their reputation based first and foremost on their choral output, with the highly popular John Rutter being the most well-known example. Beberapa komposer mulai mendapatkan reputasi mereka berdasarkan pertama dan terutama pada output paduan suara mereka, dengan sangat populer John Rutter menjadi terkenal contoh yang paling. The large scale dramatic works of Karl Jenkins seem to hearken back to the theatricality of Orff, and the music of James MacMillan continues the tradition of boundary-pushing choral works from the United Kingdom begun by Britten, Walton, and Leighton. Skala karya dramatis besar Karl Jenkins tampaknya mendengarkan kembali ke sandiwara dari Orff, dan musik James MacMillan meneruskan tradisi batas-mendorong karya paduan suara dari Britania Raya dimulai oleh Britten, Walton, dan Leighton. Meanwhile, primarily media music composers such as John Williams and Kentaro Sato , and prominent concert orchestral composers such as Nico Muhly , Augusta Read Thomas , Sofia Gubaidulina , Aaron Jay Kernis , and Thomas Ades also contribute vital additions to the choral repertoire. Sementara itu, komposer musik terutama media seperti John Williams dan Kentaro Sato , dan orkestra konser komposer terkemuka seperti Nico Muhly , Augusta Dibaca Thomas , Sofia Gubaidulina , Aaron Jay Kernis , dan Thomas Ades juga berkontribusi penambahan penting untuk repertoar paduan suara.
A number of traditions originating outside of classical concert music have enriched the choral repertoire as well as provided new outlets to composers: Sejumlah tradisi yang berasal dari luar konser musik klasik telah memperkaya repertoar paduan suara sebagai outlet baru juga diberikan kepada komposer:
  • During the mid 20th century, barbershop quartets began experimenting with combining larger ensembles together into choruses which sing barbershop music in 4 parts, often with staging, choreography and costumes. Selama 20 abad pertengahan, pangkas kuartet mulai bereksperimen dengan menggabungkan ensemble yang lebih besar bersama-sama ke chorus yang menyanyikan musik pangkas dalam 4 bagian, sering dengan pementasan, koreografi dan kostum. The first international barbershop chorus contest was held in 1953 and continues to this day. Pangkas kontes paduan suara internasional pertama diadakan pada tahun 1953 dan berlanjut hingga hari ini.
  • During the late 20th century, one of the major areas of growth in the choral movement [ citation needed ] has been in the areas of LGBT choruses. Selama abad ke-20 akhir, salah satu daerah utama pertumbuhan di [gerakan paduan suara rujukan? ] telah di bidang LGBT chorus. Starting around 1979, gay men's choruses were founded within a period of months in major US cities such as New York, Los Angeles, Seattle and Dallas. Mulai sekitar 1979, paduan suara pria gay didirikan dalam jangka waktu bulan di kota-kota besar AS seperti New York, Los Angeles, Seattle dan Dallas. Over the last quarter century the number of such groups, men's, women's and mixed, has exploded. GALA Choruses , an associative group, now has well-over 100 member choruses throughout the world. Selama seperempat abad terakhir jumlah kelompok-kelompok seperti, laki-laki, perempuan dan campuran, telah meledak. GALA chorus , sebuah kelompok asosiatif, sekarang telah baik lebih dari 100 anggota paduan suara di seluruh dunia.

No comments:

Post a Comment